Pengertian, Fungsi dan Penjelasan NFC

Pengertian, Fungsi dan Penjelasan NFC

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Pengertian, Penjelasan dan Fungsi NFC. Sahabat BT tentu sudah sering mendengar istilah NFC ini. Jika sahabat BT sering menyimak ulasan fitur-fitur pada sebuah smartphone tentu istilah NFC ini sudah tidak asing lagi. Nah, apa itu NFC ?  

Pengertian NFC

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication atau komunikasi jarak dekat, berupa sebuah fitur yang disematkan pada beberapa smartphone terbaru saat ini.

NFC merupakan bentuk komunikasi nirkabel jarak-pendek di mana antena yang digunakan lebih pendek daripada gelombang sinyal operator (yang mencegah interferensi gelombang dari antena yang sama). 

Pada jarak-dekat (tidak ada definisi universal berapa panjang gelombang jarak-pendek namun untuk tujuan praktikal anggap saja panjang gelombangnya seperempat dari gelombang biasa) antena dapat menghasilkan medan elektrik, atau medan magnetik, tetapi tidak medan elektromagnetik. 

Penjelasan NFC

Komunikasi NFC merupakan medan eletrik yang termodulasi, atau medan magnetik termodulasi, tetapi tidak berasal dari gelombang elektromagnetik radio. Sebagai contoh, antena putaran kecil (juga dikenal sebagai putaran magnetis) menghasilkan medan magnet, yang dapat diambil oleh antena putar kecil lainnya, jika cukup dekat.

NFC magnetis memiliki sifat yang dapat menembus konduktor yang dapat membalikkan gelombang radio.

Saat ini banyak smartphone yang menggunakan fitur NFC medan elektrik (bekerja pada frekuensi 13.56 MHz, saling berhubungan dengan gelombang 22.11 MHz) untuk beberapa hubungan spesial karena jarak NFC yang sangat pendek membuat NFC sulit untuk bekerja secara diam-diam. 

Untuk menghasilkan medan-jauh secara efisien, yang berarti mengirim gelombang radio dari panjang gelombang ini, membutuhkan antena dengan panjang gelombang seperempat, dalam ukuran meter atau lebih. Jika antenanya hanya berjarak sentimeter, NFC hanya dapat diatur pada 'jarak-dekat' saja, dengan panjang, lebar, dan kedalaman dari medan dimensi antena. 

Energi yang sangat kecil akan dipancarkan, sangat esensial bagi keseimbangan medan elektromagnetik yang memiliki pulsa pada 13.56 MHz. Jika antena kecil lain yang sama masuk ke medan, menyebabkan potensial elektrik ke dalamnya, membuat frekuensi yang sama beralternatif. Dengan mengatur sinyal pada antena yang aktif, antena itu dapat mentransmisi sinyal menjadi antena penerima yang pasif.

Penerapan saat ini termasuk transaksi tak bersentuhan, pertukaran data, dan pengaturan sederhana dari komunikasi kompleks seperti Wi-Fi. Komunikasi juga akan mungkin antara perangkat NFC dan NFC yang tidak berdaya integrated circuit, yang disebut "tag".

Fungsi NFC

1. Bisa Dipakai Untuk Melakukan Pembayaran

Fungsi NFC yang paling bermanfaat adalah NFC Payment. Pengguna dapat melakukan pembayaran hanya dengan men-tap smartphone mereka ke perangkat transaksi, tanpa menggunakan uang tunai atau pun kartu kredit.

2. Bisa Dipakai Untuk Transfer File

Ini adalah salah satu manfaat yang paling umum dari NFC yang ada di smartphone. Kamu dapat mentransfer file yang ada di smartphone kamu ke smartphone teman kamu hanya dengan menempelkan kedua smartphone tersebut.

Tapi, selain smartphone kamu yang punya fitur NFC, smartphone teman kamu pun juga harus mempunyai fitur ini.

3. Bisa Dipakai Untuk Menjalankan Tugas Tertentu

Selain menjalankan beberapa fungsi yang disebutkan di atas, kita dapat memprogram tag tersebut untuk menjalankan pekerjaan yang rumit. Contohnya jika ingin mengirim pesan ‘selamat malam’ untuk teman-teman, kita tidak perlu mengetik pesan tersebut secara manual. Kita dapat memprogram sebuah tag dan kita dapat langsung mengirimkan pesan tersebut hanya dengan men-tap ponsel pada tag tersebut.

4. Bisa Dipakai Untuk Memberitahukan Posisi suatu Tempat

Ketika NFC pertama kali diluncurkan, aplikasi yang paling umum adalah ‘check-in’. Pengguna dapat check-in dengan LBS (Location Based Service) hanya dengan men-tap NFC tag yang telah disisipkan di toko. Dalam lingkup bisnis, kita juga dapat menggunakan NFC untuk memindai tag yang memberikan informasi peta lokasi toko tersebut.

5. Bisa Dipakai Untuk Membuka Aplikasi Secara Otomatis

NFC tag dapat digunakan untuk memulai beberapa fungsi, seperti membuka aplikasi resep hanya dengan men-tap ponsel dengan NFC tag yang terpasang di dinding dapur, menyalakan music player hanya dengan menyentuhkan ponsel dengan NFC tag yang berada di samping tempat tidur, dan menyalakan lampu hanya dengan men-tap NFC tag yang terdapat di pintu.

Selain itu, kita juga dapat menelepon kekasih kita hanya dengan men-tap NFC tag yang ditempelkan pada foto pacar yang terpajang di meja kerja.

Demikian postingan Om BT tentang Pengertian, Fungsi dan Penjelasan NFC. Semoga bermanfaat. [www.blogteknisi.com]

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Penjelasan NFC "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...