Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Bluetooth


Dear Sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan membahas Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Bluetooth.  Sahabat BT tentu sudah sangat familiar dengan istilah Bluetooth. Bluetooth sering kita jumpai pada fitur-fitur handphone/smartphone yang biasa membatu kita untuk mentransfer file-file baik antara handphone ke handphone maupun dari handphone ke perangkat elektronik lainnya seperti speaker, komputer, headset, dll.

Pengertian Bluetotoh


Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group.


Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas. Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Penjelasan Bluetooth


Nama "bluetooth" berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand (Abad 10) yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth kemungkinan karena memang giginya berwarna gelap. Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya. Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam.


Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu H-rune.gif (Hagall) dan Runic letter berkanan.png (Blatand) yang kemudian digabungkan.

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas yakni sekitar 10 meter. Bluetooth berupa kartu yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari kartu untuk Wireless Local Area Network (WLAN).

Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15).

Fungsi dan Kegunaan Bluetooth

1. Bisa Transfer Data dan Berkirim Pesan

Jika bisanya Sahabat BT berkirim pesan dengan aplikasi berbasis data internet atau pulsa, ternyata Sahabat BT bisa memanfaatkan Bluetooth sebagai aplikasi transfer data dan berkirim pesan. Aplikasi ini bahkan tak memerlukan koneksi internet, cukup menggunakan sambungan Bluetooth.

Chatting menggunakan Bluetooth adalah cara praktis untuk berbicara dengan diam-diam dengan teman-teman di kantor atau di bioskop, pesan Bluetooth juga bagus untuk menjalin pertemanan baru di tempat asing. Sahabat BT dapat terhubung dengan siapa saja yang memiliki Bluetooth ponsel yang diaktifkan.

Yang kamu butuhkan hanyalah mengaktifkan Bluetooth, dan terlebih dahulu menginstal program obrolan seperti BuZZone, SYMPTChat, atau Bluetooth Chat.

Untuk memulai, Sahabat BT cukup menentukan nama pengguna lalu memindai jangkauan Bluetooth sahabat untuk pengguna lain. Setelah terhubung dengan seseorang, Sahabat BT dapat mengirim dan menerima pesan teks serta suara, menyisipkan emotikon, dan bertukar file.

2. Bisa Menghubungkan Perangkat Elektronik

Bluetooth paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel ke smartphone, tablet, atau laptop. Untuk melakukan ini, kamu memerlukan perangkat yang mendukung Bluetooth. Berikut beberapa perangkat yang dapat disambungkan dengan Bluetooth:

Headset

Headset Bluetooth adalah periferal Bluetooth paling ikonik. Pasangkan headset Bluetooth dengan ponsel dan kamu dapat menggunakannya untuk menerima panggilan secara nirkabel. Karena spesifikasi Bluetooth memungkinkan lebih dari sekadar menerima audio, tombol pada headset juga dapat digunakan untuk menjawab dan menutup panggilan.

Perangkat Audio Lain

Headset bukan satu-satunya perangkat audio yang dapat tersambung dengan Bluetooth. Kamu dapat memasang headphone Bluetooth dengan komputer, speaker, atau bahkan penerima audio Bluetooth yang dihubungkan ke sistem stereo rumah dan memungkinkannya untuk menerima pemutaran audio melalui Bluetooth.

Mouse Mouse adalah jenis lain dari aksesori Bluetooth. Mouse Bluetooth berfungsi pada sebagian besar laptop modern serta tablet dan bahkan smartphone. Banyak mouse nirkabel untuk laptop menggunakan dongle USB sebagai ganti Bluetooth.

Keyboard

Keyboard juga dapat terhubung melalui Bluetooth, yang sangat berguna untuk tablet. Bahkan jika kamu dapat menggunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan satu mouse atau keyboard ke tablet, kamu bisa menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan kedua keyboard dan mouse sekaligus.

Gamepad

Gamepad adalah tipe lain dari perangkat input Bluetooth. Kamu dapat menghubungkan pengontrol nirkabel ke tablet atau ponsel cerdasmu melalui Bluetooth. Bahkan Nintendo Wiimote dan Sony PlayStation 3 controller berkomunikasi dengan konsol mereka melalui Bluetooth, sehingga kamu dapat menggunakan beberapa trik untuk memasangkannya dengan komputer atau perangkat lain.

Printer

Ada juga printer berkemampuan Bluetooth, yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan dan mencetak dokumen melalui koneksi Bluetooth alih-alih Wi-Fi standar atau koneksi jaringan kabel.

3. Bisa Buat Multiplayer Game

Tak cuma menyambungkan perangkat, sambungan Bluetooth teryata juga bisa untuk hiburan. Sahabat BT bisa menggunakan Bluetooth untuk bermain game multiplayer. Tak perlu koneksi internet, Sahabat BT sudah bisa bermain game bersama teman-teman Sahabat BT.

Google Play Store dan App Play Store menawarkan beragam game berbasis Bluetooth. Beberapa pilihan Game Multiplayer diantaranya adalah Dual, Warlings, Dual Multiplayer Shooter, dan masih banyak lagi.

4. Bisa Tethering Internet

Tethering umumnya digunakan untuk mengakses Internet pada laptop melalui smartphone yang mendukung data. Orang biasanya menggunakan Wi-Fi untuk berbagi koneksi ponsel cerdas mereka, tetapi mereka tidak harus melakukannya.

Kamu juga dapat Tethering melalui bluetooth. Tethering Bluetooth akan menghabiskan daya baterai lebih sedikit daripada Wi-Fi, jadi ini mungkin pilihan ideal dalam beberapa situasi.

Ponsel Android yang menjalankan Android versi terbaru mampu melakukan Internet tethering melalui Bluetooth.

Sebenarnya tidak ada langkah-langkah tambahan - cukup nyalakan Bluetooth, sambungkan dengan perangkat yang kamu inginkan, dan pilih opsi penambatan Bluetooth untuk mengaktifkannya. Kamu dapat menemukannya di menu Tethering dan portable hotspot, di samping opsi tethering USB dan Hotspot.

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

Kelebihan:
  • Bisa menembus rintangan, misalnya seperti dinding, kotak, dan sebagainya. Walaupun jarak transmisinya hanya 10 M.
  • Tidak memerlukan media kabel ataupun kawat.
  • Dapat mensingkronisasi data dari Handphone ke Komputer atau laptop.
  • Dapat dipakai sebagai perantara modem.
  • Praktis dan tidk ribet dalam penggunaanya.

Kekurangan:
  • Memakai frekuensi yang sama dengan gelombang WiFi.
  • Kalau terlalu banyak koneksi bluetooth didalam satu ruangan, akan sulit untuk menemukan penerima yang dituju.
  • Sering beredar virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth, khususnya dari handphone.
  • Cukup banyak mekanisme keamanan yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman data atau penerimaan data maupun informasi.
  • Kecepatan dalam transfer data tidak tetap, tergantung dari perangkat yang dipakai untuk mengirim dan yang menerima data maupun informasi.
Demikian postingan Om BT tentang Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Bluetooth. Semoga bermanfaat. [www.blogteknisi.com]

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Bluetooth"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...