Perbedaan MCB dan MCCB

circuit breaker

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Perbedaan MCB dan MCCB. Pada postingan sebelumnya Om BT sudah sharing tentang Pengertian dan Fungsi CB, MCB, MCCB, ELCB, RCCB dan ACB semoga bisa nyambung dengan postingan berikut ini.

Secara umum MCB dan MCCB adalah jenis dari CB (Circuit Breaker) yang memiliki fungsi yang sama yakni sebagai proteksi dan pemutus arus apabila terjadi kelebihan beban (overload) ataupun terjadi hubung singkat (short circuit).

Walapun memiliki fungsi yang sama, ternyata ada perbedaannya. Berikut ini tabel yang menyajikan perbedaan MCB dan MCCB :

Source : Schneider Electric 
Perbedaan pertama adalah Rating Arus. Rating arus adalah konsumsi arus listrik yang dibutuhkan oleh alat tersebut untuk beroperasi. MCB memiliki kapasitas rating arus listrik yang lebih kecil, hanya sampai 63 Amps. Sedangkan MCCB memiliki kapasitas rating arus sampai dengan 1000 Amps. Sehingga MCB lebih cocok untuk dipakai pada alat-alat dengan rating kecil, sedangkan MCCB digunakan untuk alat-alat yang lebih berat. Harga MCB juga lebih murah dari MCCB, hal ini dikarenakan MCCB memang ditujukan untuk digunakan pada alat-alat yang berat. Dari ukuran, MCCB juga lebih besar.

Trip Level adalah batas ambang arus yang melewati CB yang menyebabkan CB itu untuk switch off. Sehingga, ketika arus yang melewati CB melewati jumlah seharusnya, maka CB akan otomatis memutus arus itu. Jumlah arus yang melebihi jumlah sebenarnya adalah hal yang sering menyebabkan kebakaran pada bangunan, sehingga CB penting untuk berfungsi dengan baik. Pada MCB, Trip Level tidak bisa diatur, sedangkan pada MCCB, trip level bisa diatur oleh pengguna sesuai kebutuhan.

Interrupting Capacity adalah batas dari arus yang melewati CB sebelum CB tersebut rusak. Jika arus melewati lebih dari batas interrupting capacity, maka CB tidak akan berfungsi. MCCB memiliki nilai yang lebih tinggi dari MCB. MCCB juga memiliki kemampuan untuk berfungsi dalam kondisi under voltage trip (ketika tegangan lebih rendah dari batas yang ditentukan) dan shunt trip (dapat memutus arus dari sumber eksternal, bukan hanya karena melebihi batas arus yang diperbolehkan) .

Dari penjelasan diatas, sudah jelas bahwa MCCB mempunyai lebih banyak fitur daripada MCB. Tetapi, perlu juga diperhatikan tentang keperluan pengguna itu sendiri. MCCB lebih dibutuhkan pada level industry dan komersil. Apabila ingin memasang CB pada rumah, MCB dirasa cukup untuk menjalankan fungsinya.

Demikian sharing Om BT tentang Perbedaan MCB dan MCCB. Semoga bermanfaat![www.blogteknisi.com]

Source : Schneider Electric

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan MCB dan MCCB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...