Pengertian dan Fungsi CB, MCB, MCCB, ELCB, RCCB dan ACB

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Pengertian dan Fungsi MCB, MCCB, ELCB, RCCB dan ACB. Tentu bagi teman-teman yang bergelut di bidang listrik tidak asing lagi dengan istilah-istilah yang Om BT sebutkan tadi. Kalau tidak paham anda keterlaluan he..he..he.

Baik, kita mulai. Jika anda pernah melihat sebuah panel listrik, pasti anda setidaknya pernah melihat sebuah alat yang memiliki toggel switch. Contohnya liat gambar di bawah ini :

circuit breaker (cb)

Bagi orang awam sudah pasti tidak tahu nama alat dan fungsi alat tersebut. Namun bagi teman-teman yang kuliah ata sekolah mengambil jurusan atau program studi listrik ini WAJIB tahu. Alat tersebut bernama Circuit Breaker (CB). Fungsi dari CB sendiri adalah sebagai proteksi dan pemutus arus apabila terjadi kelebihan beban (overload) ataupun terjadi hubung singkat (short circuit). CB menjadi hal yang sangat penting karena kegagalan fungsi dari CB dapat menimbulkan kebakaran.

CB sendiri mempunyai banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Adapun jenis-jenisnya sebagai berikut : 

1. Miniature Circuit Breaker (MCB)

MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah komponen dalam instalasi listrik yang berfungsi sebagai sistem proteksi bila terjadi beban lebih dan hubung singkat arus listrik (short circuit atau korsleting). Kegagalan fungsi dari MCB ini berpotensi menimbulkan kebakaran yang disebabkan oleh (short circuit) yang selalu menimbulkan bunga api. MCB umumnya digunakan pada instalasi listrik rumahan. Pada dasarnya fungsi MCB sama dengan MCCB namun ada beberapa  perbedaan MCB dan MCCB yang penting untuk diketahui.

Miniature Circuit Breaker (MCB)

2. Molded Case Circuit Breaker (MCCB)

MCCB (Moulded Case Circuit Breaker) adalah komponen dalam instalasi listrik yang berfungsi sebagai pengaman terjadinya hubung singkat (short circuit) dan beban lebih (overload) agar tidak terjadin kerusakan pada motor-motor listrik maupun kebakaran yang disebabkan oleh (short circuit) yang selalu menimbulkan bunga api. Bedan dengan MCB, MCCB umumnya digunakan pada skala komersil dan industri.

Molded Case Circuit Breaker (MCCB)

3. Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) 

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah merupakan peralatan pemutus daya yang berfungsi sebagai mengamankan pengguna yang biasa digunakan pada instalasi sistem tenaga listrik dengan impedansi pentanahan yang tinggi untuk mencegah kejadian tersengat listrik. Alat ini akan mendeteksi jika ada tegangan sisa pada enclosure peralatan yang terbuat dari logam dan akan memutus rangkaian listrik ketika tegangan yang berbahaya terdeteksi. Secara garis besar ada dua jenis ELCB, ELCB yang bekerja berdasarkan tegangan dan ELCB yang bekerja berdasarkan arus atau biasa dikenal sebagai RCCB (Residual Current Circuit Breaker).

Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)

4. RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

RCCB (Residual Current Circuit Breaker) adalah komponen yang fungsinya sama dengan  Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB). Perbedaannya RCCB berbasis arus sedang ELCB berbasis Tegangan. Peralatan ini juga berfungsi untuk melindungi dari arus bocor. 

RCCB (Residual Current Circuit Breaker)

5. ACB (Air Circuit Breaker)

ACB (Air Circuit Breaker) adalah komponen instalasi listrik yang terkategori sebagai circuit breaker yang memiliki sarana pemadam bunga api berupa udara. ACB dapat digunakan pada tegangan rendah dan tegangan menengah. Udara pada tekanan ruang atmosfer digunakan sebagai peredam busur api yang timbul akibat proses switching maupun gangguan.

ACB (Air Circuit Breaker)

Demikian sharing Om BT tentang Pengertian dan Fungsi CB, MCB, MCCB, ELCB, RCCB, ACB. Semoga bermanfaat!. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi CB, MCB, MCCB, ELCB, RCCB dan ACB "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...