Cara Merawat Setrika Listrik

cara merawat setrika listrik anda

Dear sahabat BT senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang Cara Merawat Setrika Listrik. Pada umumnya sebuah barang khususnya barang elektronik jika tidak dirawat maka sudah bisa dipastikan umur barang tersebut tidak akan awet bertahan lama. Hal ini berlaku juga pada setrika listrik anda. Olehnya itu Om BT ingin berbagi bagaimana Cara Merawat Setrika Listrik anda.

Sahabat BT pada umumnya barang elektronik dilengkapi dengan buku pedoman pemakaian dan pemeliharaan. Begitupun dengan setrika listrik. Sehingga sebelum kita memutuskan untuk memakai barang tersebut ada baiknya kita perhatikan petunjuk penggunaan dan perawatannya agar setrika yang kita pakai bisa awet bertahan lama. 

Selain kita wajib membaca buku petunjuk dan penggunaan setrika listrik dari produsennya langsung, ada beberapa hal yang mungkin bisa menjadi tambahan ilmu bagi kita dalam merawat setrika listrik, diantaranya sebagai berikut :

1. Pastikan tegangan dan frekuensi listrik 

Periksa dan cocokkan kebutuhan tegangan supply dan frekuensi kerja dari setrika anda dengan tegangan listrik yang terpasang dan frekuensi kerja di tempat anda. Pada umumnya di Indonesia tegangan terpasang antara 220 - 230 V dan frekuensinya antara 50-60 Hz untuk umumnya pemakaian rumah tangga.

2. Setting thermostat sesuai kebutuhan

Bagi pengguna setrika listik otomatis biasanya tidak memiliki saklar On-Off. Saklar On-Offnya mengikuti settingan thermostat. Atur panas setrika anda sesuai dengan kebutuhan. Ingat jangan terlalu panas, karena ini bisa membuat umur setrika anda tidak awet dan beresiko pada pakaian anda. 

3. Perhatikan kabel listrik

Perhatikan jika ada cacat pada kabel listrik setrika anda karena hal ini bisa mengakibatkan bahaya pada anda dan setrika anda. Jangan menekuk kabel. Kabel hanya bisa digulung melingkar agar kawat kabel tidak rawan putus. 

4. Bersihkan body setrika listrik anda

Body setrika hanya bisa dibersihkan dengan cara dilap dengan kain yang setengah basah. Perhatian! Bodi seterika tidak boleh dicuci.  Karena di dalam bodi setrika terdapat rangkaian listrik. Rawan terjadi hubung pendek alias korsleting.

5. Hindarkan telapak setrika dari logam

Telapak setrika yang bahan dasarnya dari logam akan saling tarik menarik jika didekatkan dengan logam lainnya. Hal ini menjadi masalah karena telapak setrika yang bersentuhan langsung dengan pakaian memiliki lapisan anti lengket. Lapisan anti lengket yang bergesekan terlalu sering dengan bahan logam bisa tergores dan mengurangi mutu setrika anda.

6. Letakkan pada tempatnya

Cara meletakkan setrika juga mempengaruhi lamanya umur setrika. Daya panas yang dihasilkan oleh setrika tidak bisa langsung menghilang. Untuk menjaga agar sisa panas setrika tidak membahayakan, letakkan setrika dengan cara berdiri. Sehingga bagian lancip pada setrika menghadap ke atas.

Meletakkan setrika pada tatakan dari besi di tempat tinggi dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya kebakaran. Menjauhkan setrika dari jangkauan anak-anak secara tidak langsung juga memberi keuntungan. Setrika kesayangan anda awet karena tidak jadi mainan anak, sementara anak anda aman karena tidak bermain dengan setrika yang mungkin masih menyisakan panas.

Demikian postingan Om BT tenang Cara Merawat Setrika Listrik semoga bermanfaat. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Cara Merawat Setrika Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...