Mengenal Servo Motor dan Kegunaannya Untuk Industri 4.0

servo motor

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang Servo Motor dan Kegunaannya Untuk Industri 4.0. Silahkan disimak dengan seksama dan dalam tempo yang sedang he..he..he. 

Apa itu Servo Motor ?

Servo motor atau bisa juga kita sebut sebagai motor servo secara umum bisa diartikan sebagai motor listrik sederhana yang dikontrol untuk rotasi sudut tertentu dengan bantuan servomekanisme tambahan. Servo motor pada dasarnya adalah kombinasi dari berbagai bagian elektronik, termasuk motor DC dan AC.

Servo motor adalah sebuah motor dengan sistem umpan balik tertutup dimana posisi dari motor akan diinformasikan kembali ke rangkaian kontrol yang ada di dalam servo motor. Servo motor ini terdiri dari sebuah motor DC, serangkaian gear, potensiometer dan rangkaian kontrol. Potensiometer berfungsi untuk menentukan batas sudut dari putaran servo. Sedangkan sudut dari sumbu servo motor diatur berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui kaki sinyal dari kabel motor.

Servo motor DC merupakan alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik, maka magnet permanen motor DC servolah yang mengubah energi listrik ke dalam energi mekanik melalui interaksi dari dua medan magnet.

Salah satu medan magnet dihasilkan oleh magnet permanen dan yang satunya dihasilkan oleh arus yang mengalir dalam kumparan motor. Resultan dari dua medan magnet tersebut menghasilkan torsi yang membangkitkan putaran motor tersebut. Saat motor berputar, arus pada kumparan motor menghasilkan torsi yang nilainya konstan.

Saat ini, servo motor banyak diaplikasikan pada industri besar untuk tujuan controlling. Untuk keperluan industri, servo motor ini diimplementasikan dalam peralatan mesin, pengemasan, otomatisasi pabrik, penanganan material, printing converting, perakitan, mesin CNC, manufaktur otomatis, dan banyak aplikasi robotik lainnya. 

Penerapan servo motor ini juga banyak kita jumpai pada beberapa produk seperti mobil dan pesawat mainan yang bisa dikendalikan dari jarak jauh dan pemutar piringan cakram pada perangkat CD atau DVD anda. Ini hanya dua contoh umum untuk menjelaskan penerapannya dan masih banyak lagi sebenarnya akan kita jumpai dari penerapan servo motor ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Ada dua jenis servo motor, yaitu servo motor AC dan DC. Servo motor AC lebih dapat menangani arus yang tinggi atau beban berat, sehingga sering diaplikasikan pada mesin-mesin industri. Sedangkan servo motor DC biasanya lebih cocok untuk digunakan pada aplikasi-aplikasi yang lebih kecil seperti pada ala-alat elektronik maupun mainan anak. 

Dan bila dibedakan menurut rotasinya, umumnya terdapat dua jenis servo motor yang dan terdapat di pasaran, yaitu servo motor rotation 180⁰ dan servo rotation continuous.
  • Servo motor standard (servo rotation 180⁰) adalah jenis yang paling umum dari motor servo, dimana putaran  poros outputnya terbatas hanya 90⁰ kearah kanan dan 90⁰ kearah kiri. Dengan kata lain total putarannya hanya setengah lingkaran atau 180⁰.
  • Servo motor rotation continuous merupakan jenis servo motor yang sebenarnya sama dengan jenis servo standard, hanya saja perputaran porosnya tanpa batasan atau dengan kata lain dapat berputar terus, baik ke arah kanan maupun kiri.

Kegunaan Servo Motor Untuk Industri 4. 0

Industri 4.0 adalah nama tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik. Istilah ini mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala, komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Industri 4.0 menghasilkan "pabrik cerdas". Di dalam pabrik cerdas berstruktur moduler, sistem siber-fisik mengawasi proses fisik, menciptakan salinan dunia fisik secara virtual, dan membuat keputusan yang tidak terpusat. Lewat Internet untuk segala (IoT), sistem siber-fisik berkomunikasi dan bekerja sama dengan satu sama lain dan manusia secara bersamaan. Lewat komputasi awan, layanan internal dan lintas organisasi disediakan dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak di dalam rantai nilai.

Implementasi Industri 4.0 akan membawa beberapa perubahan paradigma, baik itu cara bekerja, proses manufaktur, keterampilan sumber daya manusia yang dibutuhkan, maupun cara konsumsi.

Salah satu cara kerja dari implementasi revolusi industri adalah kegunaan servo motor itu sendiri yang dari aplikasi industri besar untuk tujuan controlling. Servo motor ini bisa diimplementasikan dalam peralatan mesin, pengemasan, otomatisasi pabrik, penanganan material, konversi pencetakan, jalur perakitan, mesin CNC, manufaktur otomatis, dan banyak aplikasi robotik lainnya.

Demikian sedikit pengenalan tentang Servo Motor dan Kegunaannya dalam Revolusi Indutri 4.0. Semoga bermanfaat. [bt]

1 Komentar untuk "Mengenal Servo Motor dan Kegunaannya Untuk Industri 4.0"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...