Mengenal MCCB Compact NSXM

mccb

Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang MCCB Compact NSXM. Untuk instalasinya Om BT sudah pernah post di Standarisasi Pemilihan dan Pemasangan MCCB (Moulded Case Circuit Breaker)

Apa itu MCCB ?

MCCB adalah singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker adalah pemutus sirkit tegangan menengah. Fungsinya sebagai pengaman terjadinya hubung singkat short circuit dan beban lebih overload. Agar tidak terjadi kerusakan pada motor listrik maupun kebakaran yang disebabkan oleh short circuit yang selalu menimbulkan bunga api.

MCCB biasanya digunakan oleh industri karena MCCB hanya untuk pengaman listrik 3 phase, dan motor listrik industri juga menggunakan listrik 3 phase, jadi jika anda ingin bertemu dengan makhluk yang bernama MCCB ini mampir lah ke industri-industri atau pabrik-pabrik terdekat di kota anda.

MCCB harus didisain sedemikian rupa sehingga ketika pada kondisi trip, circuit breaker tidak dapat dihidupkan lagi jika breaker tersebut belum direset dengan memindahkan saklar ke posisi OFF dahulu. Kondisi pengoperasian (seperti ON, OFF atau TRIP) circuit breaker tersebut harus terlihat dengan jelas.

MCCB harus berupa Single Pole (SP), Double Pole (DP) atau Triple Pole (TP) atau Four Pole (4P) seperti ditentukan dalam gamabar spesifikasi. Kontruksi dan pengoperasian circuit breaker harus sedemikian rupa sehingga jika fault muncul, semua pole-pole circuit breaker harus beroperasi serentak untuk mengisolasi dan menghilangkan fault tersebut secara efisien dan aman tanpa resiko terhadap operator atau instalasi tersebut.

Tiap circuit breaker harus memasukkan mekanisme "trip-free" untuk memastikan bahwa breaker tersebut tidak dapat ditutup dalam kondisi fault.

Mekanisme circuit breaker tersebut harus diseal rapat-rapat di pabrik dan semua bagian metalik yang berhubungan dengan mekanisme kerja tersebut harus dilindungi terhadap karat dan korosi. Kapasitas short-circuit breaking MCCB tersebut tidak boleh kurang dari arus hubung singkat maksimum yang terjadi dimana MCCB tersebut terpasang.

Karakter MCCB
  • Hanya menggunakan jaringan 3 phase.
  • Nilai Ampere lebih dari 100 Ampere dan maksimum 1000 Ampere
  • Frekuensi 50 / 60 Hz
  • Menggunakan Thermal Magnetic
  • Fixed atau adjustment jadi, setingannya bisa diatur atau tidak jika memilih fixed
Apa itu MCCB Compact NSXM ?

MCCB Compact NSXm merupakan produk yang untuk melengkapi jajaran produk Moulded Case Circuit Breaker (MCCB) di Indonesia. Produk ini adalah varian baru dari Compact NSX yang memiliki rating arus hingga 160A dan breaking capacity hingga 70 kA @415VAC dengan thermal-magnetic trip unit.

Kotak sekring Compact NSXm memberikan performa yang terbukti, fleksibilitas dan keandalan dengan fitur terbaru yang inovatif seperti EverLink™ power connections dan proteksi terhadap arus bocor.

Compact NSXm merupakan sakring dan saklar pemutus terkecil dalam keluarga Compact NSX range. Dengan desain yang pas, Compact NSXm dengan mudah dapat mengakomodasi kebutuhan hingga 160 A,

Spesifikasi MCCB NSXm
  • In = 16 to 160 A
  • 5 Breaking capacity = 16, 25, 36, 50, 70 kA at 415 V
  • Insulation voltage hingga 800 VAC
  • Versi 3 pole dan 4 pole
  • Pengaman dengan thermal magnetic dan switch disconnector
  • International standart = IEC 60947-1 dan 2, CCC, EAC dan sertifkasi lokal

Aplikasi MCCB NSXm 
  • Perlindungan instalasi listrik LV
  • Aplikasi standart di industri, bangunan dan prasarana
  • Switchboard tegangan rendah (untuk pusat kontrol daya)
  • Panel boards tegangan rendah (untuk distribusi listrik kecil, menengah dan bangunan komersial

Keunggulan MCCB NSXm

1. Hemat waktu instalasi hingga 40%
  • Peingkatan pengkabelan yang efisien (Koneksi aman dan andal dengan teknologi Everlink yang telah dipatenkan).
  • Auxiliary satu-klik (Dapat dipasang di lapangan, dapat dilihat dari luar serta sistem pengkabelan mudah).
  • Instalasi fleksibel (Pasang breaker anda ke posisinya dengan rel DIN terintegrasi dan dilengkapi dengan kapabilitas untuk dipasang ke plat).

2. Proteksi arus bocor terintegrasi.

Sisakan ruang dan waktu lebih banyak saat proses instalasi. Saat ini, sekring Compact NSXm dilengkapi dengan pengaman arus bocor, artinya Anda tidak perlu lagi memasang tambahan alat pengaman pada panel listrik.

3. Menghadirkan koneksi yang dapat diandalkan

Dengan koneksi daya EverLink, sekring dan saklar pemutus Compact NSXm menghadirkan koneksi daya yang dapat diandalkan dan tahan lama. Putar video berikut untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi yang sudah dipatenkan ini.

Demikian sahabat BT, semoga artikel Mengenal MCCB NSXm ini bisa bermanfaat. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Mengenal MCCB Compact NSXM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...