Era Panel Listrik Pintar Industry 4.0


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing artikel tentang Era Panel Listrik Pintar Industri 4.0.

Salah satu tantangan besar di era modern saat ini dan yang paling signifikan harus diatasi adalah masalah distribusi listrik, distribusi listrik yang merata ke setiap pelosok kota. Dan salah satu yang menjadi kendalanya adalah banyak terjadinya pemadaman yang menjadi semakin lazim di negara- negara berkembang sehingga membawa masyarakat seolah telah terbiasa dengan masalah ini. 

Jelas bahwa ini bukan kasus yang ideal sedikit pun, oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa bentuk teknologi yang harus diterapkan harus memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

Namun, satu hal yang perlu diingat setiap saat adalah bahwa perkembangan ini tidak akan terjadi secara instan. Langkah spesifik perlu dilakukan satu per satu jika tantangan smart city ini perlu ditangani secara efektif - sebuah konsep yang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Oleh karena itu, untuk membantu mencapai tujuan ini secara koheren, salah satu langkah signifikan yang dapat diambil adalah memanfaatkan teknologi Industrial Internet of Things (IIoT) dan Panel Listrik Pintar (smart panel), yang dapat berjalan jauh dalam memastikan bahwa tantangan ini dapat dipenuhi sebab hal ini telah menjadi kebutuhan mendesak untuk mengubah keadaan tersebut sehingga mereka dapat memanfaatkan teknologi yang berkembang ini dan mengatasi tantangan yang ada.

Perkembangan teknologi yang semakin pintar membuat konsep smart tak hanya diterapkan pada berbagai perangkat, tetapi pada berbagai sistem atau tatanan. Salah satunya yang mencuat akhir-akhir ini adalah konsep smart city. Konsep yang disebut sebagai kota pintar ini adalah konsep yang mengetengahkan sebuah tatanan kota cerdas yang bisa berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Penggunaan teknologi dengan konsep Internet of Things (IoT) adalah salah satu solusi terbaik dalam hal infrastruktur smart city.

Smart City

Smart  City  adalah  kota  yang  menggunakan teknologi digital  untuk meningkatkan kinerja  dan kesejahteraan,  untuk  mengurangi  biaya  dan konsumsi sumber daya, serta untuk terlibat lebih efektif dan aktif dengan warganya. Sektor kunci dari smart city meliputi  transportasi,  energi, kesehatan,  air bersih  dan limbah. 

Definisi dari Smart City begitu luas mencakup berbagai macam  keseluruhan  teknologi digital yang  dapat meningkatkan kualitas kehidupan, mengurangi biaya dan sumber  konsumsi, dan dapat  meningkatkan  interaksi aktif antara kota dan warganya secara efektif. Cakupan teknologi digital  yang  dapat  diterapkan  untuk pengembangan Smart City sangat luas dan tidak dibatasi. Penerapan  dan  aplikasi  dari  teknologi  tersebut  juga sangat bervariasi dan dapat diterapkan di semua bidang selama  tujuan  akhirnya  tersebut  tercapai. 

Internet  of  Things  (IoT)  merupakan  salah  satu  alat teknologi  yang  dapat  digunakan  untuk  pengembangan aplikasi Smart City. Internet Of Things (IoT) merupakan sebuah konsep yang  bertujuan  untuk  memperluas  manfaat  dari konektivitas  internet  yang  tersambung  secara  terus menerus.  Suatu benda  dikatakan  IoT apabila  terdapat pada suatu benda elektronik, atau peralatan apa saja yang tersambung ke suatu  jaringan lokal  dan global melalui sensor  yang  tertanam dan  selalu  aktif. Cara  kerja  dari IoT  yaitu  dengan  memanfaatkan  sebuah  argumentasi pemrograman yang setiap perintah dari  suatu argument menghasilkan  sebuah  interaksi  dan  komunikasi  antara sesama mesin yang terhubung secara otomatis dan yang menjadi media penghubung antara perangkat  tersebut adalah internet.

Konsep smart city tak hanya mengembangkan kawasan urban dengan menciptakan berbagai kemudahan bagi penghuninya, namun sekaligus menciptakan pembangunan ekonomi berkelanjutan dan peningkatan kualitas hidup. 

Kawasan yang dibangun dengan konsep smart city juga memiliki keunggulan ditunjang dengan infrastruktur berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang mumpuni, yang menjadi kebutuhan tak terbantahkan bagi kehidupan masyarakat di era digital ini. 

Digitalisasi sektor energi adalah salah satu kebutuhan di era industri 4.0 dapat memiliki dampak luas, terutama dengan tingkat akses digital. Efeknya bisa terjadi perubahan cara dalam menyerap dan menggunakan energi atau bahkan perubahan model bisnis itu sendiri. 

Adanya transisi energy yang terjadi bertepatan dengan Industri 4.0 dimana mereka berjalan beriringan, dari daya kritis hingga integrasi sumber energi baru dan koneksi dengan jaringan listrik pintar. Sifat  Industri 4.0 menawarkan berbagai peluang, terutama di sektor energi. Penyebaran sistem energi berkelanjutan dan transformasi industri akan secara signifikan mengubah berbagai aktivitas manusia, termasuk manufaktur.

Sebagai bagian dari upayanya untuk melakukan perbaikan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs), Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) menerbitkan laporan berjudul mempercepat energi bersih melalui Industri 4.0: Memproduksi revolusi berikutnya pada tahun 2017. 

Laporan ini menggarisbawahi keterkaitan antara keduanya. Masalah penting setidaknya dalam dekade terakhir: bagaimana industri 4.0 akan membantu dalam proses transisi ke energi bersih dan bagaimana energi bersih itu akan menguntungkan pabrik-pabrik pintar (smart factories) sebagai imbalannya. UNIDO menawarkan opsi implementasi smart grid dan pembangkit listrik virtual (VVP). 

Smart grids menciptakan sistem catu daya yang lebih fleksibel untuk proses pembuatan dengan memungkinkan penggabungan energi ke dalam daya dan memungkinkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memantau dan mengelola sumber-sumber listrik secara efektif untuk memenuhi beragam permintaan. Sementara itu, VVP memungkinkan agregasi kapasitas energi melalui sistem berbasis cloud yang menggabungkan berbagai sumber daya energi terdistribusi (DER).

Dimasa yang akan datang kemajuan Industri 4.0 diharapkan dapat berkontribusi untuk mengatasi tantangan-tantangan ini. Dengan semakin maraknya adopsi teknologi mutakhir, tidak hanya infrastruktur telekomunikasi yang perlu peningkatan, tetapi juga infrastruktur dan kapasitas ketersediaan tenaga listrik.

Industri 4.0 dan kemajuan transisi energi berkelanjutan memiliki lebih banyak keutungan dari apa yang kita duga. Di satu sisi, mereka sangat dipengaruhi oleh inovasi teknologi yang bergantung pada pengembangan infrastruktur dan kebijakan yang sesuai. 

Di sisi lain, mereka juga dapat menjadi lebih bereaksi di masa yang akan datang untuk model bisnis yang inovatif. Hingga saat ini, masih diperlukan kebijakan yang sehat untuk mempromosikan transisi ke sistem energi listrik dan manufaktur yang lebih berkelanjutan secara bersamaan.

Smart Panel (Panel Listrik Pintar)

Schneider electric mengeluarkan sebuah terobosan baru untuk panel listrik yakni panel pintar dengan tagline Smart Panels, solusi EcoStruxure Power. Terobosan ini adalah bagian dari andil untuk menyambut lahirnya era idustry 4.0 dan konsep smart city kedepannya.  

Sekarang panel listrik tidak lagi menjadi bagian yang terpisah dari anda namun sudah akan menjadi partner bagi anda. Dengan menghubungkan perangkat keras mutakhir dengan perangkat lunak yang inovatif, Smart Panel memungkinkan Anda untuk menentukan kelebihan dan ketidakefisienan secara proaktif, membuat keputusan berdasarkan informasi yang meningkatkan efisiensi operasional, dan akhirnya berhenti mengejar alarm yang tidak jelas.

Mengapa Smart Panel?

Smart Panel adalah solusi sederhana yang terhubung dengan Ethernet untuk mengelola distribusi daya. Mereka memberi peralatan listrik Anda kemampuan untuk berkomunikasi langsung dengan Anda. Alih-alih menghabiskan berjam-jam atau berhari-hari mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan, itu tiba secara real time. Data disajikan dengan jelas di komputer atau perangkat pintar Anda, memberi Anda gambaran besar sehingga Anda dapat dengan mudah melacak status sistem kelistrikan gedung Anda.

Berikut ini fitur keren dari Smart Panel :

Ethernet-ready

Arsitektur Ethernet Smart Panels memudahkan masalah bandwidth dan memungkinkan Anda untuk memantau bangunan Anda secara real time. Menggunakan circuit breaker Schneider Electric dengan komponen Enerlin'X, Smart Panel mengirimkan data langsung ke komputer atau perangkat pintar Anda.

Flexible and scalable

Smart Panel dapat dihubungkan ke circuit breaker Schneider Electric dengan unit trip Micrologic dari 20 A hingga 6.000 A. Mereka juga mudah diskalakan - Smart Panel dapat memantau dan mengendalikan pemutus tunggal atau seluruh sistem distribusi listrik bertegangan rendah.

Lansiran email khusus

Modul komunikasi Panel Cerdas - termasuk IFE, SmartLink, dan Com'X - diprogram sebelumnya dengan peringatan email yang bermanfaat. Cukup aktifkan lansiran yang Anda inginkan, lalu masukkan alamat email tempat Anda ingin dikirim. Ketika peringatan dipicu, itu disampaikan dengan detail yang Anda butuhkan untuk mengambil tindakan.

Pemantauan jarak jauh

Panel Cerdas memungkinkan Anda untuk mengelola aset distribusi listrik di berbagai lokasi di kampus atau di seluruh dunia. Pantau informasi energi serta sifat fisik termasuk status perjalanan, jumlah siklus, dan indikator keausan kontak.

Apa manfaat Smart Panel bagi Anda?
  1. Untuk perancang dan konsultan sistem kelistrikan, Smart Panel membantu memastikan kepatuhan dengan standar dan peraturan. Mereka meningkatkan efisiensi desain dan menyediakan arsitektur yang sederhana, fleksibel, dan terbuka.
  2. Untuk pembangun panel, Smart Panel menyediakan cara untuk mengimplementasikan teknologi pintar menggunakan arsitektur plug-and-play yang sederhana, dan memberikan bukti kesiapan yang jelas kepada para kontraktor untuk commissioning.
  3. Untuk kontraktor, Smart Panel menyediakan solusi lengkap, mudah diimplementasikan, waktu dan kualitas proyek yang aman, dan penghematan biaya dari desain hingga commissioning.

Penerapan dari teknologi Panel Listrik Pintar di era 4.0 ini diharapkan akan membantu dalam pencapaian tujuan-tujuan berikut:

Protect

Membantu melindungi orang dan peralatan dengan teknologi kinerja tinggi yang andal di setiap pemutus dan perangkat arus sisa. Setiap fluktuasi tegangan akan sangat melemahkan fungsi keseluruhan unit dan peralatan listrik, untuk alasan yang jelas. Oleh karena itu, untuk memastikan masa pemakaian peralatan ini sangat ditingkatkan di kota-kota idealnya harus mengadopsi teknologi IIoT dan panel yang pintar terbaru untuk membantu menambah fungsionalitas sistem manajemen distribusi.

Connect

Karena Smart Panel terhubung melalui Ethernet, mereka menggunakan bandwidth minimal dan memungkinkan Anda untuk memantau bangunan Anda secara real time. Salah satu manfaat yang paling signifikan adalah mengadopsi teknologi smart city dengan meningkatnya tingkat konektivitas. Ini akan memungkinkan kota-kota untuk menggunakan sistem kontrol proses maju dengan relatif mudah dan akan memungkinkan seseorang untuk mengatasi tantangan smart city saat ini dengan efektivitas dan efisiensi yang lebih besar.

Tindakan

Analitik data besar adalah salah satu tren utama yang menggerakkan gelombang transformasi digital, dan harus dikatakan bahwa smart panel dan Industrial of Things Internet akan membantu dalam pengumpulan data yang sangat penting untuk menjalankan bangunan atau sektor. Jadi, dengan menerapkan teknologi ini, orang akan dapat menganalisis data dan memahami tindakan terbaik yang dapat diambil untuk mengoptimalkan setiap inefisiensi yang mungkin mengganggu kota-kota ini dan menghambat mereka dalam tujuan mereka mengatasi tantangan yang dihadapi dalam membentuk sebuah smart city

Oleh karena itu, penting bagi kota untuk mengadopsi teknologi panel pintar sesegera mungkin sehingga tantangan kota pintar ini dapat diatasi dengan relatif mudah. Analisis real-time dari data ini akan sangat membantu memastikan bahwa seseorang dapat melacak status sistem kelistrikan, terlepas dari skalanya.

Demikian, semoga artikel tentang Era Panel Listrik Pintar 4.0 bisa bermanfaat [bt]

Belum ada Komentar untuk "Era Panel Listrik Pintar Industry 4.0"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...