Cara Memilih Motor Starter yang Tepat untuk Panel Anda


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang Cara Pemilihan Motor Starter yang Tepat untuk Panel Anda.

Panel listrik memiliki fungsi untuk mengoperasikan mesin listrik pada saat memulai, dalam proses dan berhenti. Panel ini harus dilengkapi dengan komponen pengaman yaitu pemutus utama, pengaman beban lebih dan pengaman apabila ada kebocoran, salah satu bentuknya yaitu Motor Starter.

Fungsi motor starter itu sendiri adalah untuk menghidupkan mesin-mesin listrik dengan prinsip merubah energi listrik manjadi energi mekanis.

Dalam mata kuliah mesin-mesin listrik dijelaskan ada beberapa model konfigurasi motor starter atau yang sering kita sebut sebagai motor starter configurator diantaranya :

1. Direct Starter (0,06-355 kW)

Direct Starter adalah cara paling sederhana untuk menjalankan motor Anda. Direct Stater sering merujuk ke Direct On Line (DOL) Starter (Reverser juga disertakan di bagian ini). Ini digunakan untuk memulai, menghentikan, membalikkan, melindungi motor dengan koneksi langsung ke catu daya. Starter biasanya terdiri dari kontaktor yang digunakan untuk berganti daya dan relay overload termal atau elektronik untuk perlindungan motor.

2. Soft Starter (0,37-500 kW)

Soft Starter memungkinkan anda menghidupkan mesin dengan smoothly. Arus lonjakan yang mengganggu dan hentakan yang tidak diinginkan pada poros motor bisa dihilangkan. Soft Starter ini memungkinkan anda untuk mengatur tegangan/waktu untuk ramp up dan dalam beberapa kasus untuk ramp down saat start dan stop secara smoothly.

3. Variable Speed Drive (0,18-315 kW)

Variable Speed Drive memberikan kendali fleksibel pada motor Anda dengan berbagai kemungkinan. Ini memungkinkan Anda memulai, mengoperasikan, dan berhenti dengan mengatur kecepatan dan atau torsi dengan lancar.

Frekuensi drive dapat mengubah tegangan dan frekuensi utama menjadi tegangan dan frekuensi baru yang dapat disesuaikan untuk motor. Beberapa fungsi pemantauan, kontrol, dan perlindungan sudah termasuk dalam variabel speed drive.

Ini memungkinkan anda untuk memasukkan aktor dan sensor eksternal ke kontrol mesin anda melalui kartu I/O. Selain itu memungkinkan anda untuk menghubungkan drive anda ke beberapa bus karena ada banyak kartu komunikasi di sini.

Nah, untuk memilih motor starter yang tepat sebaiknya memenuhi hal berikut :

1. Harus ada Kontrol

Dengan cara :

  • Manual : Bila motor starter dioperasikan secara manual (on-off dilakukan langsung pada starter tersebut) dan dibutuhkan dengan instalasi yang mudah.
  • Otomatis : Bila diperlukan on-off dari tempat lain (remote kontrol) dan motor starter dipasang terpisah dengan panel kontrolnya (operational panel)

2. Dengan Asosiasi

Terdapat beberapa komponen :
  1. Fungsi kontrol, proteksi hubung singkat, proteksi beban lebih dan isolasi menjadi satu komponen (integrated).
  2. Fungsi kontrol, dilakukan dengan kontaktor, fungsi lain dilakukan dengan GV Motor Circuit Breaker.
  3. Fungsi kontrol dilakukan dengan kontaktor dan fungsi proteksi beban lebih dilakukan dengan relay pengaman beban lebih, sedangkan fungsi proteksi hubung singkat dan isolasi dengan Motor Circuit Breaker tipe GV atau tipe MA.

3. Terdapat Kontinuitas Pelayanan
  • Koordinasi dengan bentuk tipe 1 
Merupakan koordinasi antara pengaman hubung singkat dengan komponen lain, sehingga saat terjadi hubung singkat, tidak berbahaya bagi manusia dan instalasi, komponen boleh ada yang rusak (perlu pengecekan setelah terjadinya hubung singkat).
  • Koordinasi dengan bentuk tipe 2 

Merupakan koordinasi antara pengaman hubung singkat dengan komponen lain, sehingga saat terjadi hubung singkat tidak berbahaya bagi manusia dan instalasi, komponen motor starter harus bisa digunakan kembali setelah perbaikan minor (contoh : kontak yang lengket tetapi dapat dilepas dengan mudah).
  • Koordinasi dengan bentuk total 

Merupakan koordinasi antara pengaman hubung singkat dengan komponen lain, sehingga saat terjadi hubung singkat tidak berbahaya bagi manusia, instalasi serta komponen langsung dapat digunakan kembali (tidak perlu pengecekan pada komponen starter).

Demikian sedikit pengenalan tentang Cara Memilih Motor Starter yang Tepat untuk Panel Anda. Semoga bermanfaat. [bt]

1 Komentar untuk "Cara Memilih Motor Starter yang Tepat untuk Panel Anda"

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c "

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...