Cara Efektif Melakukan Rekrutmen Karyawan di Zaman Digital

Cara Rekrut Karyawan

Hari –hari di mana calon kandidat mengirim surat lamaran kerja via pos dengan resume dan CV berbasis kertas sepertinya sudah berakhir. Kini, sudah banyak alat – alat digital yang lebih modern memberikan sejumlah cara baru untuk mengevaluasi potensi dan keterampilan para calon kandidat pekerja.

Jika di masa lalu, sulit memilah calon karyawan hanya berdasarkan surat riwayat hidup di atas kertas, di masa modern, tim HR cukup menyeleksi calon pekerja potensial dalam beberapa klik dengan bantuan berbagai aplikasi. Selamat datang di zaman digital, di mana ada beberapa cara efektif dan inovatif untuk melakukan rekrutmen terhadap karyawan terbaik bagi perusahaan Anda:

1. Uji keterampilan Calon Kandidat

Dalam proses lamaran kerja konvensional, para calon kandidat diminta mengirimkan portofolio atau sampel kerja, maupun menjalani tes singkat selama proses wawancara.

Namun, beberapa perusahaan yang modern, mencoba melakukan cara rekrutmen yang lebih kreatif. Sebagai contoh, para calon kandidat dapat mengirimkan atau mengajukan surat lamaran kerja ke dalam bentuk halaman arahan (landing pages) yang dibangun di atas platform perusahaan. Hal ini untuk memastikan bahwa calon karyawan sudah terbiasa dengan produk dan mampu memasarkan produk perusahaan dengan mudah kepada orang lain.
2. Menggunakan Teknologi Digital

Bukan bermaksud “memata-matai” calon kandidat yang potensial, tetapi tim HR dapat menggunakan media sosial untuk menemukan dan mengetahui kepribadian calon kandidat.
Bahkan, tim HR dapat meminta calon karyawan menggunakan pengenalan diri dengan video agar bisa melihat karakteristik individu. Seperti bahasa tubuh, selera humor, dan cara berbicara si kandidat. Selain itu, dari sini juga dapat diketahui sejauh mana keterampilan karyawan menggunakan teknologi berbasis digital.
3. Pasang Iklan di Situs – Situs yang Relevan

Selain menemukan calon kandidat yang cerdas dan berketerampilan tinggi di bidang teknologi, yang tidak kalah penting adalah menemukan kandidat yang tertarik atau berminat dengan perusahaan Anda. Cobalah untuk memasang iklan lowongan kerja di situs – situs yang berkaitan dengan bidang teknologi atau bidang yang digeluti perusahaan. Mendapat kandidat yang bersemangat, antusias dan tertarik secara vertikal terhadap perusahaan jauh lebih berharga, ketimbang kandidat yang bertalenta tetapi tidak tertarik berkembang bersama perusahaan.


4. Jujur dan Natural


Opsi lain untuk merekrut calon kandidat terbaik adalah membuat video tentang perusahaan Anda. Video ini menampilkan manajer, pewawancara dan karyawan atau staf yang berbicara tentang perusahaan apa adanya. Bagaimana deskripsi pekerjaan dan tugas – tugas mereka, serta bagaimana perusahaan dapat melibatkan karyawan dalam menciptakan budaya kerja yang kondusif. Sehingga, siapa saja yang ingin bergabung dalam perusahaan akan menjadi rekan kerja yang solid dan berkiprah dengan baik.
 5. Media Sosial

Patut diingat, kadang kandidat terbaik sudah pernah bekerja alias memiliki pengalaman kerja bertahun – tahun. Tetapi, tidak ada salahnnya mencoba menjangkau dan menawarkan pekerjaan melalui akun media sosial masing – masing kandidat. Banyak situs jejaring sosial seperti Facebook atau LinkedIn yang memungkinkan tim HR mencari kandidat potensial berdasarkan jabatan, perusahaan atau minat.

Dengan menambahkan teknik-teknik di atas ke dalam strategi perekrutan Anda, Anda dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan peluang untuk menemukan kandidat yang sempurna. Manfaatkan fitur Aplikasi rekrutmen karyawan dari Software LinovHR yang fleksibel dan efektif menjaring talenta terbaik bagi perusahaan. Hubungi tim LinovHR sekarang juga untuk uji coba gratis. [bt]

Belum ada Komentar untuk "Cara Efektif Melakukan Rekrutmen Karyawan di Zaman Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...