Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem


Dear sahabat BT hari ini Om BT akan sharing terkait dengan Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem. Karena banyak request yang masuk melalui email maka Om BT mencoba merangkum beberap tulisan tentang Modem ini dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat. 

Pengertian Modem

Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. 

Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut 'modem', seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog, ketika modem menerima data dari luar berupa sinyal analog, modem mengubahnya kembali ke sinyal digital supaya dapat diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Modem identik dengan sambungan internet. Modem ini dibutuhkan jika ingin menyambungkan jaringan internet ke komputer ataupun laptop. Beberapa orang masih kurang begitu paham dengan jenis-jenis dan fungsi dari modem, apalagi sampai mau memutuskan membeli modem.  

Jenis-Jenis Modem

Jenis modem yang pertama yaitu modem eksternal, yaitu sebuah alat berasal dari luar komputer dan berguna untuk menghubungkan jaringan internet ke komputer.Sedangkan jenis modem yang kedua adalah modem internal yang merupakan jenis modem yang merupakan modem yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal digital.

Contoh Modem GSM
Ada juga modem ISDN yang merupakan modem yang memiliki ruang lingkup yang lebih jauh. Sedangkan modem GSM yaitu modem yang dalam penggunaannya menggunakan telepon seluler. Ada juga modem analog yang digunakan untu membuat sinyal analog yang nantinya akan diteruskan menjadi sinyal digital.

Contoh Modem Internal

Contoh Modem Eksternal
Modem lainnya dalah model kabel, wireless modem, dan juga modem CDMA. Itulah beberapa jenis dari modem yang kerap kali kita temui. Jika jenis modem telah diketahui, maka selanjutnya kita bahas mengenai fungsi dari modem.

Fungsi Modem

Fungsi yang pertama dari modem yaitu merupakan alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital ataupun sebaliknya. Sedangkan fungsi lainnya yaitu menghubungkan jaringan dengan bagian perangkat. Fungsi selanjutnya dari modem adalah untuk memeriksa komunikasi maupun pemeriksaan data. Tak hanya itu, modem sebenarnya juga dapat melakukan proses kompres terhadap data yang akan dikirimkan.

Kurang lebih begitulah penjelasan mengenai fungsi dari modem seklaigus jenis-jenis modem yang mungkin bila anda masih bingung dalam memilih modem. Untuk masalah harga modem juga biasanya tergantung pada model dan juga jenisnya.

Demikian sharing Om BT tentang Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem. Semoga bermanfaat. [bt]
loading...

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Jenis dan Fungsi Modem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel