Penjelasan Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya

Rumus Volume Kerucut

Setelah kita membahas bagaimana menghitung luas permukaan kerucut, berikutnya Om BT akan bahas gimana Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya. Menghitung volume kerucut sebenarnya bisa dilakukan dengan beberapa macam pendekatan. Salah satunya adalah dengan pendekatan rumus tabung. 

Maksudnya gimana?

Misalkan ada sebuah tabung tanpa tutup yang memiliki jari-jari dan tinggi yang sama dengan kerucut tanpa tutup. Misalkan kerucut tersebut diisi dengan pasir, kemudian dimasukkan kedalam tabung, maka tabung tersebut akan terisi penuh setelah tiga kali pengisian pasir dengan menggunakan kerucut tadi. Atau dengan kata lain volume tabung sama saja dengan 3 kali volume kerucut. 

Itu artinya, volume kerucut setara dengan 1/3 volume tabung. Agar lebih yakin, Sahabat BT, boleh mencobanya secara langsung.

Penjelasan Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya
Contoh Soal :

1. Sebuah kerucut dengan jari-jari 12 cm dan tinggi 21 cm. Hitunglah volume kerucut tersebut ?

Jawab:

r = 12 cm
t = 21 cm
                   
Volume Kerucut = 1/3 × πr^2 t
                           = 1/3 × 22/7 × 12^2 ×21
                           = 22176 cm^3

2. Suatu hari Pak Anto syukuran dirumah barunya. Beliau memesan sebuah nasi tumpeng di rumah makan langganannya. Tumpeng tersebut berdiameter 36 cm dan tingginya 21 cm. Hitunglah volume tumpeng pesanan pak Anto ?

Jawab:

d = 36 cm 
r = 1/2×36=18 cm
t = 21 cm

Volume Nasi Tumpeng = Volume kerucut = 1/3 × πr^2 t
                                                                 = 1/3 × 22/7 × 18 × 21
                                                                = 396 cm^3

Jadi, volume nasi tumpeng Pak Anto adalah 396 cm^3

Perbandingan Volume Kerucut

Dalam volume bangun ruang sisi lengkung, apabila terjadi perubahan unsur-unsurnya, maka volume juga jelas akan berubah. Untuk perbandingan volume kerucut, misalnya. Misalkan jari-jari alas  dua buah kerucut adalah r1 dan r2, lantas tinggi kedua kerucut sama. Apabila volume dua kerucut itu, masing-masing V1 dan V2, perbandingan volume kedua kerucut tersebut adalah

Selisih Volume Kerucut

Adapun jika sebuah kerucut dengan jari-jari  r1 diperbesar menjadi r2 dengan ketentuan r2 > r1. Jika V1 dan V2 merupakan volume kerucut semula dan volume kerucut setelah diperbesar serta tinggi kerucut tetap maka selisih V2 dan V1 adalah sebagai berikut :

Contoh Soal :

Sebuah kerucut mempunyai jari-jari alas 8 cm dan tinggi 14 cm. Kerucut tersebut jari-jarinya diperbesar menjadi dua kali jari-jari semula. tentukan selisih volume kerucut sebelum dan sesudah diperbesar!

Jawab:


Demikian gambaran tentang bagaimana Penjelasan Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya yah sahabat BT. Semoga bermanfaat. Nantikan artikel-artikel menarik berikutnya! [bt]
loading...

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Rumus Volume Kerucut dan Contoh Soalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel