Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell)

Instalasi Panel Surya (Solar Cell)

Dear sahabat BT senang bisa posting lagi. Pada kesempatan ini Om BT akan sharing tentang Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell). Panel Surya (Solar Cell) akhir-akhir ini menjadi trend karena bisa diandalkan menjadi cadangan energi listrik selain sumber utama PLN. Pelanggan sangat terbantu dengan hadirnya Panel Surya (Solar Cell) ini khususnya dari sisi biaya penggunaan energi listrik yang kian mengkwhatirkan, khususnya bagi pengguna energi listrik skala besar seperti industri, perkantoran, dll.

Sebelum kita masuk pada Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell), terlebih dahulu ada baiknya kita mengenal produk Panel Surya (Solar Cell) ini sendiri. 

Panel surya (Solar Cell) adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau 'sol' karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai 'cahaya-listrik'. Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan.

Prinsip Kerja Panel Surya (Solar Cell)

Sinar Matahari terdiri dari partikel sangat kecil yang disebut dengan Foton. Ketika terkena sinar Matahari, Foton yang merupakan partikel sinar Matahari tersebut meghantam atom semikonduktor silikon Sel Surya sehingga menimbulkan energi yang cukup besar untuk memisahkan elektron dari struktur atomnya.  Elektron yang terpisah dan bermuatan Negatif (-) tersebut akan bebas bergerak pada daerah pita konduksi dari material semikonduktor. Atom yang kehilangan Elektron tersebut akan terjadi kekosongan pada strukturnya, kekosongan tersebut dinamakan dengan 'hole' dengan muatan Positif (+).

Daerah Semikonduktor dengan elektron bebas ini bersifat negatif dan bertindak sebagai Pendonor elektron, daerah semikonduktor ini disebut dengan Semikonduktor tipe N (N-type). Sedangkan daerah semikonduktor dengan Hole bersifat Positif dan bertindak sebagai Penerima (Acceptor) elektron yang dinamakan dengan Semikonduktor tipe P (P-type).

Di persimpangan daerah Positif dan Negatif (PN Junction), akan menimbulkan energi yang mendorong elektron dan hole untuk bergerak ke arah yang berlawanan. Elektron akan bergerak menjauhi daerah Negatif sedangkan Hole akan bergerak menjauhi daerah Positif. Ketika diberikan sebuah beban berupa lampu maupun perangkat listrik lainnya di Persimpangan Positif dan Negatif (PN Junction) ini, maka akan menimbulkan Arus Listrik.

Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell)

Untuk melakukan instalasi Panel Surya (Solar Cell), berikut ini gambar rangkaian sederhananya (sebagai contoh) :

Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell)

Demikianlah postingan Om BT tentang Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell). Semoga dari postingan ini terlintas inspirasi untuk mendesain Instalasi Panel Surya (Solar Cell) dengan lebih baik lagi. Semoga bermanfaat. [bt]
loading...

0 Response to "Gambar Rangkaian Sederhana Instalasi Panel Surya (Solar Cell)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel