Cara Mengenal Keaslian Rupiah dengan Sinar Ultraviolet

Cara Mengenal Keaslian Rupiah dengan Sinar Ultraviolet

Dear sahabat BT, sampai hari ini masih marak juga pemalsuan uang rupiah. Dan tidak tanggung-tanggung rupiah yang dipalsukan hampir mirip dengan yang asli. Nah bagaimana cara mengenali uang rupiah yang asli?. 

Pihak BI selaku yang memiliki otoritas terkait dengan hal ini menyarankan agar kita bisa jeli mengenali rupiah salah satunya dengan 3D, Dilihat, Diraba dan Diterawang. Untuk lebih meyakinkan pihak BI menyarankan agar kita menggunakan sinar ultraviolet. Seperti apa cara kerjanya. Simak tulisan berikut ini yang kami lansir dari fanpage Bank Indonesia (BI).

Selalu waspada ya terhadap informasi yang  tidak jelas sumbernya tentang tampilan uang Rupiah di bawah sinar Ultra Violet (UV). Seperti halnya pada pecahan 100.000 (seratus ribu), jika di bawah sinar UV, akan ada beberapa tampilan yang akan memendarkan satu atau beberapa warna, baik pada bagian depan maupun bagian belakang uang Rupiah tersebut.

Pada bagian depan, warna memendar akan terlihat dekat angka 100.000 pada sebelah kiri atas dan timbul tulisan BI. Demikian juga pada rangkaian benang pengaman yakni pola yang ada di bagian atas dan peta Indonesia di bagian bawah, pada tepi kanan uang sejajar dengan lambang Garuda Pancasila, serta pada tulisan 100.000 di bagian kanan bawah.

Sementara pada bagian belakang, warna memendar akan terlihat pada bunga anggrek bulan yang ada di sebelah kiri atas dekat gambar kepala penari, nomor seri berwarna hitam yang ada pada bagian kiri bawah. Tulisan BI akan muncul di dekat gambar tangan kanan penari, nomor seri berwarna merah di bagian kanan atas. Selain itu akan muncul pola menyerupai titik-titik yang ada di sebelah nomor seri berwarna merah, serta kemunculan burung Elang Bondol di dekat angka 100.000 pada bagian kanan bawah.

Nah, mengecek keaslian uang Rupiah di bawah sinar UV, bisa dilakukan pada semua nominal pecahan uang kertas Rupiah. Tidak hanya untuk uang 100.000 (seratus ribu) saja, tetapi juga 50.000 (lima puluh ribu), 20.000 (dua puluh ribu), 10.000 (sepuluh ribu), 5000 (lima ribu), 2000 (dua ribu), serta 1000 (seribu). Untuk lebih jelas pada bagian apa saja warna memendar akan terlihat di nominal pecahan uang Rupiah lainnya, dapat mengakses melalui situs ini : https://www.bi.go.id/id/rupiah


Demikian postingan Om BT tentang Cara Mengenal Keaslian Rupiah dengan Sinar Ultraviolet semoga bermanfaat. [BT]
loading...

0 Response to "Cara Mengenal Keaslian Rupiah dengan Sinar Ultraviolet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel