Ngeblog Pakai Wordpress ?, Wajib Install Plugin Ini !

Ngeblog Pakai Wordpress ?, Wajib Install Plugin Ini !
Ngeblog Pakai Wordpress ?, Wajib Install Plugin Ini 
Hello sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing tentang WordPress. Sahabat BT yang berprofesi sebagai Blogger sudah pasti tahu tentang makhluk yang satu ini. WordPress adalah sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. Bagi saya, keunggulan WordPress selain SEO Frendly, WordPress juga menyediakan ratusan ribu plugin-plugin yang sangat mendukung kinerja dari blog yang sedang akan kita kembangkan.

WordPress menyediakan dua platform yang bisa digunakan oleh para Blogger. Ada yang yang gratis dan ada yang berbayar. Jika sahabat BT ingin membuat sebuah blog sendiri secara cepat, gratis dan punya alamat website silahkan masuk ke alamat WordPress.com. Cara membuat blog di WordPress.com sudah saya ulas dipostingan sebelumnya. 

Sedangkan jika sahabat BT adalah seorang Blogger yang ingin menjadi Blogger Profesional maka WordPress menyediakan WordPress.org sebagai solusinya. WordPress.org merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya, CMS ini dapat diubah ulang selama seseorang menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.

Singkatnya jika ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat dan server sendiri maka WordPress.org jawabannya. Jika sahabat BT tertarik menjadi seorang Blogger Profesional dan sedang ingin belajar mengembangkan blog anda silahkan mampir terlebih dahulu pada link berikut ini Cara Membuat Blog di WordPress.Org

Nah, jika anda sudah bisa membangun sebuah blog WordPress dengan alamat dan server sendiri, untuk mendukung kinerja blog anda kedepan WAJIB kiranya menginstall beberap plugin WordPress berikut : 


Akismet adalah sebuah plugin yang tersedia untuk platform WordPpress. Plugin akismet berfungsi untuk memfilter komentar dan memisahkan antara komentar yang diidikasi sebagai spam dan komentar biasa. Komentar yang diindikasi sebagai spam akan dikelompokan sendiri atau bisa juga langsung di auto-delete sesuai settingnya. Plugin ini gratis disediakan oleh Auttomatic. Auttomatic adalah perusahaan di balik Akismet, dan didirikan oleh Pendiri WordPress Matt Mullenweg.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Akismet Api Key, Gratis !


2. WP Smush

WP Smush adalah plugin WordPress yang berfungsi untuk memadatkan atau mengkompress gambar. Gambar yang dipadatkan dapat mempengaruhi kecepatan loading website saat diakses. Plugin ini tersedia gratis dan juga tersedia versi premium.


3. WP Super Cache


Plugin WP Super Cache adalah plugin untuk meningkatkan kecepatan blog WordPress anda. Plugin ini bekerja dengan cara yang sederhana, menciptakan file statis dalam bentuk html di dalam sub folder cache host sehingga ketika seseorang mengunjungi blog Anda maka sistem akan menampilkan file html statis tersebut tanpa harus me-load ulang keseluruhan table dan query. Plugin ini tersedia gratis.


4. Yoast SEO

Yoast SEO adalah plugin yang umumnya digunakan oleh para blogger untuk mengoptimasi performa blog mereka di mesin pencari. Cara menggunakannyapun sangat mudah. Plugin ini tersedia gratis dan tentunya ada versi premiumnya yang menawarkan fitur yang lebih mumpuni.


5. Wordfence Security


Wordfence Security adalah plugin terpenting yang harus Anda install. Plugin multifungsi ini membantu Anda mengamankan situs dari pengguna lain yang mencoba login ke situs Anda, mencegah IP berbahaya yang mencoba mengakses situs Anda, dan lain-lain.



Jetpack adalah plugin yang merupakan kumpulan modul dari pembuat WordPress yang memungkinkan Anda untuk mengamankan situs, membagikan konten secara otomatis, menampilkan formulir kontak, dan masih banyak lagi.



UpdraftPlus adalah plugin yang banyak digunakan untuk fungsi back up situs Anda. Sangat bermanfaat jika suatu saat terjadi kesalahan pada blog anda. UpdraftPlus adalah plugin terpopuler dan terbaik yang pernah ada.



Google Analytics Dashboard for WP adalah plugin yang memudahkan pemasangan tools Google Analytics pada blog anda, sehingga anda dengan mudah dapat mengawasi traffic blog Anda.



Demikian postingan OM BT tentang plugin yang wajib diinstall pada saat pertama kali kita menggunakan WordPress. Demikian, semoga bermanfaat. [bt]
loading...

0 Response to "Ngeblog Pakai Wordpress ?, Wajib Install Plugin Ini !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel