Perhatikan 10 Hal Penting Berikut Saat Anda di Dalam Pesawat


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT ingin sharing tentang 10 hal penting yang musti kita ketahui saat kita di dalam pesawat

Bagi sebagian orang, menggunakan jasa transportasi udara khususnya pesawat terbang komersial mungkin bukan menjadi hal yang baru lagi. Bahkan mungkin ada yang durasi perjalanannya bisa hampir tiap hari dalam menggunakan armada udara ini. 

Tapi, tahukah kita saat berada di dalam pesawat ada hal-hal yang harus kita perhatikan sebagai penumpang yang berkaitan erat dengan keamanan, kenyamanan dan keselataman selama di dalam pesawat. 

Berikut ini hal-hal yang mesti harus kita perhatikan :

1. Ponsel

Semua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancara radio tidak diperbolehkan selama berada di dalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan petugas menara pengawas lalu lintas udara (ATC) setempat.

2. Peralatan Elektronik

Untuk penggunaan laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seat belt 'OFF' dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seat belt 'ON' untuk persiapan mendarat maka penumpang harus mematikan penggunaan laptop dan PDA tersebut.

3. Barang-barang Berbahaya lainnya :

Barang-barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

4. Merokok

Peraturan pemerintah melarang aktivitas merokok selama dalam penerbangan. Terdapat dektektor asap disetiap toilet dan akan dikenai sanksi jika ada yang melanggat aturan. 

5. Baju Pelampung

Jaket/baju pelampung merupakan salah satu alat keselamatan di pesawat untuk kondisi darurat di atas air, jangan keluarkan jaket/baju pelampung dari tempatnya dalam kondisi normal dan tidak untuk di bawa pulang. Penumpang akan mendapatkan hukuman bagi yang mencuri jaket/baju pelampung berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 54 Undang-undang No.1 Tahun 2009.

6. Minuman Beralkohol

Untuk penerbangan di dalam negeri sebagian besar maskapai melarang untuk mengkonsumsi minuman beralkohol di atas pesawat.

7. Wanita Hamil

Usia kehamilan di atas 28 minggu diwajibakn menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan penumpang sehat secara medis untuk ikut dalam penerbangan dan mengisi formulir pertanggungan resiko Form of Indemnity (FOI).

8. Perjalanan dengan anak-anak

Setiap maskapai menerapkan pertaruran berbeda-beda terkait dengan hal ini. Sebelum melakukan penerbangan ada baiknya berkonsultasi dengan pihak maskapai.

9. Utamakan Keselamatan :

- Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

- Barang bawaan harus diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi di depan anda.

- Silakan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantong kursi. Di kantong tersebut anda dapat mengtahui letak pintu darurat dan jaket/baju pelampung.

- Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh awak pesawat (cabin crew)

10. Bagasi :

- Bagasi atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan di bawah di dalam bagasi kabin.

-  Bawalah benda berharga dalam tas yang anda bawa sendiri.

- Perhatikan berat bagasi anda baik yang di dalam kabin maupun di tempat penyimpanan bagasi. Masing-masing maskapai menerapkan peraturan berbeda dalam hal ini. 

loading...

Belum ada Komentar untuk "Perhatikan 10 Hal Penting Berikut Saat Anda di Dalam Pesawat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel