Memahami Fungsi Trafo dan Rumus Trafo


Dear sahabat BT, tahukah kalian apa itu TRAFO (TRANSFORMATOR) ?, kalau belum ada baiknya cek lagi di postingan Om BT berikut Mengenal Transformator (TRAFO). Pada postingan Om BT sebelumnya di jelaskan bahwa trafo merupakan seperangkat peralatan / mesin listrik statis yang berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik, mentransformasikan tegangan dan arus dari listrik bolak balik diantara kedua belitan atau lebih pada frekuensi yang sama dan pada nilai arus dan tegangan yang berbeda. 

Konstruksi utama dari trafo terdiri dari kumparan primer, kumparan sekunder dan inti. Trafo dapat digunakan untuk menaikkan dan menurunkan tegangan. Turun atau naiknya tegangan pada sisi sekunder tergantung pada perbandingan jumlah lilitan kumparan.

Prinsip Kerja Sebuah Transformator

Transformator mengambil tegangan dari sebuah litrik dan kemudian mengubahnya ke listrik dengan tegangan yang berbeda. Pada dasarnya transformator bekerja dengan mengubah tegangan dengan menggunakan 2 sifat listrik. Pertama listrik yang mengalir pada sebuah kumparan akan menimbulkan medan magnet. Kedua perubahan medan magnet (fluks magnet) akan menimbulkan ggl induksi. Arus bolak balik yang masuk pada kumparan  primer akan menyebabkan adanya fluks magnet bolak-balik yang intik magnetik.  Setelah itu, fluks magnet  bolak-balik akan melewati kumparan skunder dan menimbulkan adanya ggl induksi. Besarnya ggl induksi akan bergantung pada laju perubahan fluks dan jumlah lilitan pada kumparan sekunder.

Fungsi Trafo

Berbicara masalah fungsi berarti secara sederhana kita bisa menjelaskan apa kegunaan trafo. Transformator atau yang sering kita sebut sebagai trafo adalah satu dari puluhan alat yang sangat penting ketika kita menggunakan peralatan elektronik. Saat anda membeli sebuah peralatan elektronik misalnya sebuah monitor dari Jepang dengan tegangan 110 Volt dan ternyata tegangan listrik yang ada di rumah anda memiliki tengangan 220 volt, apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah dengan menggunakan transformator. Transformatorlah yang akan mengubah (transform) listrik rumah yang besarnya 220 volt menjadi hanya 110 volt. 

Persamaan dan Rumus Trafo


Rumus Trafo
Vp = tegangan pada kumparan primer (volt)
Vs = tegangan pada kumparan sekunder (volt)

Ip = arus pada kumparan primer (A)

Is = arus pada kumparan sekunder (A)
Np = banyaknya lilitan primer
Ns = banyaknya lilitan sekunder

Efesiensi Trafo




Ī· = Efisiensi transformator (%)
Ps = daya pada kumparan sekunder (W)
Pp = daya pada kumparan primer (W)
Is = arus pada kumparan sekunder (A)

Ip = arus pada kumparan primer (A)


Demikian postingan Om BT tentang Memahami Fungsi Trafo dan Rumus Trafo, semoga bermanfaat. [BT]
loading...

2 Komentar untuk "Memahami Fungsi Trafo dan Rumus Trafo"

  1. Sorry mas mo tanya ,
    Apa trafo ct step down ac to dc bisa dirubah jadi step up dc to ac ?

    BalasHapus
  2. Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer oli atau kering dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado. Juga menyediakan spare part Trafo seperti tap changer, bushing, skun, breather, seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
    Silahkan menghubungi saya di whatsapp ini atau telp dinomor 0812-95358935
    Terima kasih

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel