Tips Menjaga Pompa Air Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

pompa air

Dear sahabat BT, lama tak bersua. Hari ini saya ingin berbagi tentang Tips Menjaga Pompa Air Agar Tetap Awet dan Tahan Lama. Sudah lazim, hampir setiap rumah dan gedung memiliki pompa air, namun tekadang kita sebagai pemilik ataupun yang ditunjuk untuk merawat  pompa-pompa tersebut tidak begitu paham bagaimana merawat pompa air agar bisa awet dan bertahan lama.

Pompa air adalah sebuah alat yang digunakan untuk memindahkan cairan atau dalam istilah fisika disebut fluida dari satu tempat ke tempat lainnya melalui medium saluran seperti pipa, dll dengan menggunakan energi listrik sebagai penggerak untuk mendorong cairan yang dipindahkan secara terus menerus.

Pada prinsipnya dalam pengoperasianya pompa beroperasi dengan membuat perbedaan di sisi tekanan dan di sisi bagian hisap, perbedaan tekanan tersebut dihasilkan dari sebuah mekanisme yang terjadi pada roda impeller yang membuat keadaan sisi hisap menjadi tidak bergerak. Perbedaan inilah yang cairan terhisap sehingga memungkinakan perpindaham dari satu tempat ke tempat lain.

Melihat definisi dan prinsip kerja pompa air, maka sangat memungkinkan terjadinya kerusakan jika tidak ada inisiatif dalam melakukan maintenance alias perawatan yang cukup. Nah agar kita bisa menjaga pompa air kita tetap awet dan tahan lama perhatikan tips-tips berikut ini :
  1. Pakai kotak kontak dan tusuk kontak yang menghubungkan listrik ke pompa air sesuai dengan standar (SNI atau yang lain), sesuaikan dengan rating arus dan tegangan yang dimiliki pompa tersebut, dan jangan menumpuk tusuk kotak pompa air dengan tusuk kontak beban listrik lainnya karena karena bisa menimbulkan panas berlebih dan bisa menimbulkan kebakaran.
  2. Jangan biarkan mesin pompa air Anda kering. Pastikanlah selalu basah, hindarilah penggunaan pompa air dalam keadaan tanpa air ataupun kering. Jika hal tersebut terus dilakukan maka bisa merusak motor pompa air.
  3. Terkadang pemilik pompa air sering menutupi mesin pompa dengan sesuatu, contohnya dengan kain maupun menutupinya dengan kayu atau triplek dan sebagainya. Hindarilah cara tersebut, sebab bisa menyebabkan risiko kebakaran. Apabila beban pompa air berlebih ataupun api tersulut dari steker yang kelebihan muatan stop kontak, maka bisa membakar pembungkus ataupun selimut pompa air.
  4. Jangan menempatkan mesin pompa air di area terbuka yang bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan. Akan tetapi jangan pula ditutupi ataupun dibungkus. Letakkanlah pompa air di tempat yang teduh. Jika pompa air bersentuhan dengan sinar matahari langsung atau percikan hujan, maka bisa mengurangi umur pompa dan unsur kejutan listrik.
  5. Terkadang tidak semua sumur airnya bersih. Tentunya pasti ada sumur yang sering mudah terisi kotoran maupun pasir. Pada pipa yang dipasang pada pompa air alangkah lebih baiknya diberikan sebuah filter atau penyaring. Fungsinya tentu untuk menyaring segala macam kotoran sebelum masuk ke pompa air. Jika kotoran atau pasir terhisap oleh pompa, maka akan mengakibatkan kerusakan mesin pompa air.
Demikian Tips Menjaga Pompa Air Agar Tetap Awet dan Tahan Lamasemoga bermanfaat ! [bt]

Belum ada Komentar untuk " Tips Menjaga Pompa Air Agar Tetap Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...