Penyebab AC Berair dan Cara Mengatasinya

penyebab ac berair

Dear sahabat BT, sebelumnya telah kita membahas cara merawat Indoor dan Outdoor AC. Nah, hari ini Om BT akan membahas tentang Penyebab AC Berair dan Cara Mengatasinya. Masalah ini adalah masalah klasik dari setiap unit AC yang terpasang di rumah, perkantoran maupun tempat-tempat lainnya. Sehingga kita perlu punya pengetahuan untuk tahu apa yang menyebakan AC berair dan cara mengatasinya.

AC (Air Conditioner) adalah suatu jenis mesin pendingin mempunyai fungsi sebagai penyejuk ruangan. AC Memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dibandingkan kulkas maupun freezer. Namun sekarang ini telah diproduksi jenis AC yang berukuran besar untuk keperluan ruangan yang besar. Cara kerjanya hampir sama dengan kulkas dan freezer.

Ditinjau dari konstruksinya, mesin AC di bagi menjadi dua bagian atau 2 sisi. Yakni sisi Indoor dan sisi Outdoor. Pada bagian Outdoor yaitu bagian yang berada di luar ruangan dan pada bagian Indoor ialah bagian yang berada di dalam ruangan.

Sisi Ourdoor AC terdiri dari:
  • Daun kipas (daun fan) yang bisa bergerak
  • Tangki penampung air
  • Pipa kapiler dan kondensor
  • Filter udara sebagai penyaring kotoran
Sisi Indoor AC terdiri dari:
  • Katup ekspansi
  • Pipa penguapan (pipa evaropator)
  • Daun kipas pendorong (blower) udara segar
  • Dan lain sebagainya
Penyebab berairnya AC

Air yang menetes dari AC disebabkan oleh adanya penyumbatan pada penyaring udara masuk di bagian Indoor AC, sehingga jumlah udara yang masuk ke AC menjadi berkurang. Akibatnya terbentuklah es atau icing pada AC. Es ini lama kelamaan akan kembali mencair dan jadilah tetesan air.

Bagaimana cara mengatasinya ?

Untuk mengatasinya, bersihkan filter udara. Caranya matikan AC, buka cover penutup AC, lalu ambil filter udara (berwarna hitam, terbuat dari plastik) bersihkan dengan air, lalu keringkan. Setelah itu pasang kembali dan AC bisa anda nyalakan kembali.

Ada baiknya membersihkan filter udara dilakukan secara berkala, setiap 1-4 minggu sekali. Memang frekuensi pembersihan tergantung pula oleh kondisi udara ruangan di mana AC dipasang. Pada ruangan yang relative berdebu, biasanya filter AC akan cepat tersumbat. Lebih baik memang ruangan sering dibersihkan dan pasang sebuah exhaust fan.

Demikian postingan kami tentang Penyebab AC Berair dan Cara MengatasinyaSemoga bermanfaat ! [bt]

Belum ada Komentar untuk "Penyebab AC Berair dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...