Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan AC

cara menghitung kebutuhan ac

Sahabat BT, masih tentang AC (Air Conditioner). AC (Air Conditioner) adalah suatu jenis mesin pendingin mempunyai fungsi sebagai penyejuk ruangan. AC Memiliki bentuk fisik yang lebih kecil dibandingkan kulkas maupun freezer. Namun sekarang ini telah diproduksi jenis AC yang berukuran besar untuk keperluan ruangan yang besar. Cara kerjanya hampir sama dengan kulkas dan freezer.

Ditinjau dari konstruksinya, mesin AC di bagi menjadi dua bagian atau 2 sisi. Yakni sisi Indoor dan sisi Outdoor. Pada bagian Outdoor yaitu bagian yang berada di luar ruangan dan pada bagian Indoor ialah bagian yang berada di dalam ruangan.

Sebelumnya, kita pernah membahas tentang 5 hal yang menjadi pertimbangan teknis sebelum membeli AC. Nah, detailnya sebagai bahan pertimbangan agar AC pilihan kita bisa ideal adalah dengan mengetahui hitungan-hitungan sederhananya. Berikut ini penjelasan tentang hal tersebut.

Kebutuhan akan AC dapat disesuaikan dengan luas ruang. Di pasaran, AC untuk rumahan terkelompok dalam ukuran PK, mulai 1/2PK, 3/4PK, 1 PK, sampai 2PK. Sebagai patokan, AC 1 /2PK cocok untuk ruang maksimal seluas 15m², 3/4PK untuk ruang 20m², dan 1 PK untuk ruang 20m²-25m², sementara yang 2PK untuk ruang 30m²-35m².

Cara lain untuk menentukan kebutuhan AC bisa dilakukan dengan menghitung angka BTU (britisch termal unit) yang biasanya tertera dalam spesifikasi AC tersebut. AC 1/2PK mempunyai angka BTU sekitar 6.000BTU, 3/4PK 7.000BTU, 1 PK 9.OOOBTU, dan 2PK 18.000BTU.

Untuk mengetahui kebutuhan BTU sebuah ruang, pergunakan rumus: P (panjang ruang dalam meter) x L (lebar ruang dalam meter) x 500 BTU.

Jadi, kalau misalnya ukuran ruang 3mx4m, maka kebutuhan BTU adalah 30×4x500=6000. Artinya, ruang ini dapat didinginkan dengan AC 1/2PK.

Eit, satu lagi. Jangan lupa memperhatikan kebutuhan daya listrik. Ukuran PK besar biasanya menyedot listrik besar pula. Nah, ketika memilih, perbandingkan kebutuhan daya AC ini dengan daya listrik yang tersedia di rumah. Jangan sampai tekor. Bisa-bisa AC terpasang sia-sia.

Demikian postingan kami tentang Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan AC. Semoga bermanfaat! [bt]

Belum ada Komentar untuk "Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan AC "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...
loading...