Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya - Blog Teknisi

Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan berbagi tentang LINGKARAN. Pembahasan tentang lingkaran mungkin sudah terlalu sering kita dapatkan sewaktu masih sekolah dulu. Bicara tentang lingkaran berarti kita harus tahu bagaimana cara menghitung luas lingkaran, diameter lingkaran dan keliling lingkaran. Nah, pada hari ini Om BT akan fokus pada Keliling Lingkaran dengan judul Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya.

Saat kita bisa tahu bagaimana cara menghitung keliling lingkaran, maka akan sangat  berguna bagi kita. Karena aplikasi tentang lingkaran ini banyak kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, saat kita membuat sebuah pola lingkaran pada seni kerajinan yang sedang kita kerjakan, atau saat kita membuat lukisan yang bentuknya lingkaran, atau untuk memecahkan masalah tugas matematika di kampus atau sekolah kita, ataupun persoalan-persoalan lainnya. 

Nah, jika kita ingin tahu cara menghitung keliling lingkaran, ikuti langkah berikut :

1. Menghitung dengan Diameter (d)

Tuliskan rumus untuk mencari keliling lingkaran menggunakan diameter. Rumusnya sederhana: c = πd. Di sini "c" disni mewakili keliling lingkaran, dan "d" mewakili diameternya. Artinya, Anda dapat mencari keliling lingkaran hanya dengan mengalikan diameter dengan pi. Masukkan π ke dalam kalkulator untuk memberi nilai 3.14 yang lebih tepat.

Selengkapnya coba lihat gambar di bawah :



Contoh Soal : 

Silahhkan masukkan nilai diameter ke dalam rumus dan hitung. Seandainya soalnya seperti ini: Anda memiliki bak mandi air panas dengan diameter 8 meter, dan Anda ingin membangun pagar yang menciptakan ruang selebar 6 kaki sekitar bak mandi. Untuk mencari lingkar pagar yang harus dibuat, terlebih dahulu Anda harus mencari diameter bak mandi dan pagar, yang akan menjadi 8 kaki + 6 kaki + 6 kaki, yang akan menjelaskan seluruh diameter bak mandi dan pagar. Nilai diameternya 8 + 6 + 6, atau 20 kaki. Sekarang hubungkan ke rumus, masukkan π ke dalam kalkulator, lalu hitung: 

C = πd 

C = π x 20 

C = 62.8 kaki 

2. Menghitung dengan Jari-Jari (r)

Tuliskan rumus untuk mencari keliling lingkaran dengan menggunakan jari-jari. Jari-jari adalah setengah dari panjang diameter, sehingga diameter dapat dianggap sebagai 2r. Ingatlah, rumus untuk mencari keliling lingkaran dengan jari-jari: C = 2πr. Dalam rumus ini, "r" merupakan jari-jari lingkaran. Sekali lagi, masukkan π ke dalam kalkulator untuk mendapatkan nilai angka lebih mendekati 3.14.

Selengkapnya lihat gambar di bawah :



Contoh Soal :

Masukkan jari-jari ke dalam rumus lalu hitung. Untuk contoh ini, katakanlah Anda sedang memotong strip dekoratif kertas untuk membungkus pinggiran sebuah kue. Jari-jari kue adalah 5 inci. Untuk mencari kelilingnya, cukup masukkan jari-jari ke dalam rumus:

C = 2πr

C = 2π x 5

C = 10π

C = 31.4 inci.

Demikian bahasan Om BT tentang Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya, semoga bermanfaat. [BT]

Sumber : wikihow

Share Please!

loading...

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya"

Posting Komentar