Mengenal Programmable Logic Control (PLC) - Blog Teknisi

Mengenal Programmable Logic Control (PLC)


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing article tentang Programmable Logic Control (PLC). Apa itu Programmable Logic Control (PLC) ?, simak tulisan di bawah ini. 

Modernisasi teknologi saat ini berkembangan dengan sangat pesat, tak terkeculi didunia industri yang merupakan ikon perkembangan tersebut. Berawal dari revolusi industri yang terjadi di Eropa beberapa tahun silam, manusia selalu mencari dan mengharapkan segala sesuatunya dapat berjalan dengan mudah. 

Otomatisasi merupakan syarat keberhasilan untuk mencapai harapan tersebut. Salah satu syarat itu adalah meningkatkan produktivitas dengan jalan otomatisasi proses mesin. Proses otomatisasi adalah pembuatan suatu proses yang dapat dikendalikan secara otomatis sebagian atau keseluruhan. Cara dan upaya tersebut dilakukan untuk mengatasi waktu dan tenaga yang diperlukan.

Peningkatan produktivitas ini diterapkan dalam persaingan industri yang semakin meningkat terutama industri besar dan maju. Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, maka perkembangan controller pada system pengendalian juga mengalami kemajuan pesat. Dimana pada mulanya menggunakan sistem control konvensional sampai akhirnya ditemukan teknologi baru yang memanfaatkan peralatan berbasis computer, salah satunya adalah Programable Logic Controller (PLC).

Seperti yang diungkapkan oleh Setiawan, Iwan (2006:1) seperti berikut: Tak dapat disangkal lagi bahwa PLC dewasa ini telah memegang peranan penting pada sebagian besar sistem control di dunia perindustrian. Aplikasi PLC ini dapat dijumpai pada berbagai indutri modern, mulai dari sistem pembakitan tenaga, pengecatan mobil, pengeboran, sampai indutri pengepakan makanan.

Kemampuan control dari PLC mempunyai kecepatan dan ketepatan yang tinggi secara keseluruhan sehingga efisiensi dapat tercapai dalam persaingan industri. Efisiensi Industri berarti cepat dalam proses produksi, mengurangi pemakaian tenaga kerja dan peningkatan kualitas. Dengan menggunakan PLC sebagai system control, maka otomatisasi system control secara keseluruhan dapat tercapai.

Sistem kontrol PLC mempunyai banyak keuntungan dan kelebihan jika dibandingkan dengan menggunakan sistem kendali konvensional yang umumnya menggunakan relai-relai mekanik dan relai elektromagnetik yang masih memiliki banyak kekurangan dan kelemahan. PLC banyak keuntungan dan kemudahan karena mampu mengintegrasikan berbagai macam komponen yang berdiri sendiri menjadi satu kesatuan yang berpadu dan dapat melakukan modifikasi pada program kontrolnya tanpa harus mengganti semua peralatan-peralatan yang sudah ada.

Sekilas Tetang PLC

Programmable Logic Controllers (PLC) adalah komputer elektronik yang mudah digunakan (user friendly) yang memiliki fungsi kendali untuk berbagai tipe dan tingkat kesulitan yang beraneka ragam. Definisi Programmable Logic Controller menurut Capiel (1982) adalah :sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri, dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsi-fungsi spesifik seperti logika, urutan, perwaktuan, pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O dijital maupun analog.

Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut :

1. Programmable, menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.

2. Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.

3. Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.  

PLC ini dirancang untuk menggantikan suatu rangkaian relay sequensial dalam suatu sistem kontrol. Selain dapat diprogram, alat ini juga dapat dikendalikan, dan dioperasikan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan di bidang pengoperasian komputer secara khusus. PLC ini memiliki bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan dapat dioperasikan bila program yang telah dibuat dengan menggunakan software yang sesuai dengan jenis PLC yang digunakan sudah dimasukkan.Alat ini bekerja berdasarkan input-input yang ada dan tergantung dari keadaan pada suatu waktu tertentu yang kemudian akan meng-ON atau meng-OFF kan output-output. 1 menunjukkan bahwa keadaan yang diharapkan terpenuhi sedangkan 0 berarti keadaan yang diharapkan tidak terpenuhi. PLC juga dapat diterapkan untuk pengendalian sistem yang memiliki output banyak.

Fungsi dan kegunaan PLC sangat luas. Dalam prakteknya PLC dapat dibagi secara umum dan secara khusus. Secara umum fungsi PLC adalah sebagai berikut:

1. Sekuensial Control

PLC memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial), disini PLC menjaga agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang tepat.

2. Monitoring Plant

PLC secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnya temperatur, tekanan, tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator.    
                   
Sedangkan fungsi PLC secara khusus adalah dapat memberikan input ke CNC (Computerized Numerical Control). Beberapa PLC dapat memberikan input ke CNC untuk kepentingan pemrosesan lebih lanjut. CNC bila dibandingkan dengan PLC mempunyai ketelitian yang lebih tinggi dan lebih mahal harganya. CNC biasanya dipakai untuk proses finishing, membentuk benda kerja, moulding dan sebagainya.            

Prinsip kerja sebuah PLC adalah menerima sinyal masukan proses yang dikendalikan lalu melakukan serangkaian instruksi logika terhadap sinyal masukan tersebut sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori lalu menghasilkan sinyal keluaran untuk mengendalikan aktuator atau peralatan lainnya. 

Demikian sedikit pengenalan tentang Programmable Logic Control (PLC). Semoga bermanfaat![BT]

Share Please!

loading...

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Programmable Logic Control (PLC) "

Posting Komentar