Bagaimana Cara Instalasi Listrik yang Baik ?, Perhatikan Hal-hal Berikut! - Blog Teknisi

Bagaimana Cara Instalasi Listrik yang Baik ?, Perhatikan Hal-hal Berikut!


Sahabat BT, listrik adalah kebutuhan dasar manusia untuk kondisi kekinian. Tanpa listrik banyak kebutuhan-kebutuhan manusia yang tidak bisa terpenuhi. Olehnya itu untuk menjamin kondisi listrik kita bisa stabil dan andal, kebutuhan akan instalasi listrik yang baik adalah keharusan. Bagaimana Cara instalasi listrik yang baik ?

Instalasi listrik yang baik adalah instalasi yang dapat berfungsi dengan baik dan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam pengoperasiannya. Untuk mendapatkan manfaat seperti tersebut di atas, maka sistim instalasi listrik harus mengikuti Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) yang berlaku dan menggunakan peralatan / komponen listrik yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). 
Hal - hal yang perlu diperhatikan pada saat merencanakan Instalasi listrik antara lain:

a. Tentukan jumlah dan letak beban listrik yang akan dibutuhkan. misalnya penempatan lampu dan saklar, kulkas, mesin cuci, pompa air, microwave dll. 
b. Tentukan besar daya listrik PLN yang dibutuhkan dari total beban listrik yang terpasang. Biasanya cukup 60% dari total beban (daya) peralatan listrik yang akan dipakai. 
c. Kelompokkan beban listrik untuk memperhitungkan besar ukuran kabel dan peralatan pengamanan arus lebih atau hubungan singkat (MCB). 
d. Pilih peralatan pengaman (MCB), belilah produk asli berlogo SNI, jangan tergoda membli produk yang palsu walaupun harganya murah karena produk palsu dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran. 
e. Sesuaikan pemasangan stop kontak dengan penempatan peralatan elektronik, sebaiknya satu stop kontak untuk satu peralatan. 
f. Hindari pemasangan steker yang bertumpuk pada satu stop kontak. Steker yang bertumpuk dapat mengakibatkan panas pada kontak - kontaknya yang dapat mengakibatkan kebakaran. 
g. Lengkapi instalasi listrik dengan sistem pembumian (grounding) untuk pencegahan terhadap sentuhan langsung (tegangan sentuhan). Bila sistem pengaman dilengkapi dengan RCCB , maka bahaya kontak langsung 9tegangan sentuh) dapat dihindari. 
h. Tanamkan kabel pada tembok dengan dilindungi pipa, untuk instalasi yang rapih dan kemudahan dalam penambahan atau penggantian kabel di kemudian hari. hindari penyambungan kabel, kecuali untuk pencabangan dan sambungan ini harus dilakukan di dalam kotak sambung. 
i. Hindari pemasangan kabel telepon dan kabel listrik di dalam satu pipa, jarak minimum antara kabel listrik dan kabel telepon adalah 1 cm. Hal ini untuk menghindari gangguan pada sinyal telepon. Instalasi listrik yang tidak terpasang dengan baik, merupakan sumber utama bahaya. Ikutilah petunjuk pemasangan instalasi listrik agar kita terhindar dari malapetaka. 

Demikian postingan Om BT tentang hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat instalasi listrik yang baik. Semoga bermanfaat. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Cara Instalasi Listrik yang Baik ?, Perhatikan Hal-hal Berikut!"

Posting Komentar