Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin - Blog Teknisi

Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin


Dear sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Pada kesempatan ini Om BT akan berbagi tips dan trik tentang Air Conditioner alias AC yang tidak dingin. AC yang tidak dingin memiliki banyak penyebab dan cara mengatasinya juga banyak tergantung jenis penyebabnya. Dibutuhkan diagnosis yang komplit untuk mengetahui penyebabnya. Berikut jenis-jenis penyebab AC yang tidak dingin :

Freon Berkurang atau Habis

Freon adalah zat yang amat penting di dalam sistem pendingin karena mempunyai fungsi sebagai media guna memindahkan suhu panas dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan. Oleh karena itu sewaktu pendingin kurang maka akan menyebabkan proses penyerapan panas tidak bisa terjadi pada semua bagian evaporator sehingga menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan secara maksimal. Untuk mengatasi masalah ini mesti menambahkan freon.

Kondensor Kotor

Kondensor adalah komponen dalam sistem pendingin yang berguna dalam membuang kalor yang sudah diserap oleh pendingin melalui evaporator. Apabila kondensor terebut kotor maka akan mengakibatkan udara tidak bisa melewati kondensor dengan baik, dan temperatur pada kondensor akan semakin naik sebab terjadinya perpindahan kalor dari pendingin ke lingkungan.

Kompresor Kurang Maksimal

Kompresor adalah komponen yang sangat berpengaruh dalam sistem pendingin karena mempunyai fungsi untuk mensirkulasikan pendingin sehingga bisa terjadi perpindahan kalor dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan. Apabila kompresor lemah maka akan menyebabkan sirkulasi pendingin lebih lambat dari kondisi normal, sehingga menyebabkan perpindahan kalor pun akan melambat. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan perbaikan ataupun penggantian kompresor. Kompresor yang lemah bisa diakibatkan oleh mekanik, lilitan ataupun komponen pendukung semisal oli serta kapasitor.

Evaporator Kotor

Evaporator adalah komponen mesin pendingin yang berguna untuk menyerap panas di dalam ruangan menuju ke luar ruangan dengan media pendingin sebagai perantaranya. Apabila evaporator kotor maka mengakibatkan dalam penyerapan panas tidak akan maksimal karena sirkulasi udara terhalang oleh kotoran yang menempel terhadap evaporator. Untuk mengatasinya mesti dilakukan Service Cleaning guna membersihkan evaporator.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin yang kerap terjadi, baiknya dilakukan service atau cek secara berkala agar AC tetap dapat digunakan untuk membuat ruangan anda tetap dingin dan nyaman. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Demikian postingan Om BT tentang Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin. Tulisan ini Om BT dapatkan dari salah satu market place di Indonesia. Semoga bermanfaat. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin"

Posting Komentar