Mengenal Lebih Jauh Sistem Distribusi Tenaga Listrik - Blog Teknisi

Mengenal Lebih Jauh Sistem Distribusi Tenaga Listrik

Dear kawan-kawan BT, senang bisa jumpa lagi. Hari ini Om BT akan sharing terkait dengan pembahasan kelistrikan. Fokus kita hari ini pada Sistem Distribusi. Sebelumnya Om BT sudah pernah berbagi terkait dengan materi yang berkaitan dengan ini. Silahkan dibaca Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik dan Sistem Distribusi Daya Listrik pada Sebuah Kapal

Pada dasarnya dalam sistem tenaga listrik, dikenal 3 (tiga) bagian utama seperti pada gambar a berikut :
  • Pusat – pusat pembangkit tenaga listrik, merupakan tempat dimana terdapat mesin –mesin yang membangkitkan tenaga listrik, dilengkapi dengan gardu induk penaik tegangan dimana tegangan rendah yang dihasilkan generator dinaikan menjadi tegangan tertentu dengan transformator penaik tegangan.
  • Saluran – saluran transmisi/saluran udara tegangan tinggi (SUTT) berfungsi menyalurkan tenaga listrik dari gardu induk pusat pembangkit ke gardu induk yang lain dengan jarak yang jauh.
  • Sistem distribusi
Gambar a : Sistem Tenaga Listrik
Fungsi sistem jaringan adalah menyalurkan dan mendistribusikan tenaga listrik dari pusat suplai (gardu induk) ke pusat – pusat /kelompok beban (gardu trafo/distribusi) dan konsumen dengan mutu memadai.

Pada bagian berikut akan diberikan penjelasan lebih detail mengenai sistem jaringan distribusi.

Jaringan distribusi berdasarkan letak jaringan terhadap posisi gardu distribusi, dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu : 
  • Jaringan distribusi primer (jaringan distribusi tegangan menengah).
  • Jaringan distribusi sekunder (jaringan distribusi tegangan rendah).
Jaringan distribusi primer (JDTM) merupakan suatu jaringan yang letaknya sebelum gardu ditribusi berfungsi menyalurkan tenaga listrik bertegangan menengah (misalnya 6 kV atau 20 kV).hantaran dapat berupa kabel dalam tanah atau saluran/kawat udara yang menghubungkan gardu induk (sekunder trafo) dengan gardu distribusi atau gardu hubung (sisi primer trafo didtribusi).

Jaringan distribusi sekunder (JDTR) merupakan suatu jaringan yang letaknya setelah gardu distribusi berfungsi menyalurkan tenaga listrik bertagangan rendah (misalnya 220 V/380 V). Hantaran berupa kabel tanah atau kawat udara yang menghubungkan dari gardu distribusi (sisi sekunder trafo distribusi) ke tempat konsumen atau pemakai (misalnya industri atau rumah – rumah).

Sedangkan untuk gardu distribusi sendiri adalah suatu tempat/ sarana, dimana terdapat transformator step down yaitu transformator yang menurunkan tegangan dari tegangan menengah menajdi tegangan rendah(sesuai kebutuhan konsumen). 

Berdasarkan konfigurasi jaringan, maka sistem jaringan distribusi dapat dikelompokan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu sistem jaringan distribusi radial, loop dan spindel yang akan dibahas pada postingan Sistem Jaringan Distribusi Radial, Loop dan Spindel. Sukses! [BT]

Sumber : Modul P2BA-UMB

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Lebih Jauh Sistem Distribusi Tenaga Listrik"

Posting Komentar