Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10 - Blog Teknisi

Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10

Salam semangat sahabat BT, hari ini Om BT akan sharing terkait Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10. Kebetulan hari ini Om BT lagi ngoprek Windows sehingga langsung terlintas pemikiran untuk membuat tutorial  Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10. Tapi sebelumnya, sebelum kita masuk lebih dalam, kita harus tahu dulu apa itu Jaringan Ad Hoc ?. 

Jaringan Ad Hoc adalah  salah satu jenis dari jaringan nirkabel yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti router atau access point. Disebut sebagai jaringannya ad hoc karena jaringan ini tidak bergantung pada infrastruktur yang sudah ada sebelumnya, seperti router di jaringan kabel atau akses point di jaringan nirkabel.

Nah, pengertian jaringan ad hoc sudah jelaskan?. Ok, sekarang kita pindah bahasan yang lebih teknis bagaimana Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10

1. Pastikan driver WLAN anda mendukung jaringan ad hoc

Caranya mengeceknya : 

Buka CMD pada mode Administrator : ketik CMD pada kotak pencarian (search), klik kanan pilih run administrator dan ketik : netsh wlan show driver



Cek pada bagian : Hosted Network Supported kalau YES berarti komputer anda bisa disetting jaringan ad hoc tapi kalau NO berarti komputer anda tidak support.




2. Setelah memastikan komputer kita support dengan settingan jaringan ad hoc, langkah selanjutnya setting SSID dan PASSWORD jaringan ad hoc kita nantinya.

Caranya :

Masih pada mode CMD administrator, ketik : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA JARINGAN key=PASSWORD

Keterangan :
1.) Isi nama SSID anda pada NAMA JARINGAN (ganti sesuai keinginan)
2.) Isi password anda pada PASSWORD (minimal 8 karakter)

Contoh :

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=sniper key=admin1234



Kalau isiannya sudah benar semua, akan ada pesan semua settingan successful, artinya settingan jaringan ad hoc pada windows 10 kita telah berhasil.

3. Langkah terakhir adalah menjalankan settingan jaringan ad hoc yang telah kita buat.

Caranya :

Masih pada mode CMD administrator, ketik : netsh wlan start hostednetwork


Nah, setelah semua berhasil anda telah selesai membuat jaringan ad hoc di windows 10 dengan mudah. Untuk mengetestnya silahkan hidupkan wireless pada komputer anda yang lain untuk mengecek jaringan ad hoc yang telah anda buat. Semoga Bermanfaat!. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Jaringan Ad Hoc di Windows 10"

Posting Komentar