Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya ? - Blog Teknisi

Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya ?

Dear sahabat BT, hari ini Om BT akan sharing terkait dengan materi PELAPUKAN. Pada kesempatan ini Om BT akan membahas tentang pelapukan ditinjau dari sisi fisika yang kemudian dikenal dengan Pelapukan Fisika atau Pelapukan Mekanik. Materi tentang PELAPUKAN biasa kita dijumpai dalam ilmu geografi.  


Pelapukan Fisika atau Pelapukan Mekanik merupakan pelapukan yang disebabkan oleh proses fisika. Pelapukan ini di sebut juga sebagai pelapukan mekanik sebab prosesnya berlangsung secara mekanik.

Pelapukan fisika bisa terjadi karena adanya pengaruh beberapa faktor dari alam. Hal ini membuktikan bahwasannya pelapukan fisika dapat terjadi karena adanya berbagai macam sebab. Secara umum, penyebab terjadinya pelapukan fisika ini adalah karena perbedaan suhu udara, pembekuan air, mengkristalnya air garam, dan juga tekanan tinggi. Adapun penjelasan dari masing- masing sebab antara lain adalah sebagai berikut:

[1] Perbedaan Temperatur Udara yang Tinggi

Pelapukan  yang disebabkan karena temperatur udara yang tinggi terjadi terutama di daerah yang memiliki iklim kontinental atau iklim gurun. Hal ini karena di daerah kontinental ketika siang hari suhu akan terasa sangat panas, dan ketika suhu panas batuan akan mengembang. Sebaliknya, ketika malam hari udara di daerah kontinental akan terasa sangat dingin, dan ketika suhu menjadi dingin maka batuan akan mengkerut. Hal yang berlawanan seperti ini akan dapat menyebabkan batuan pecah atau retak- retak.

[2] Terdapat Pembekuan Air di dalam Batuan

Pelapukan fisika bisa juga disebabkan karena adanya pembekuan air di dalam batuan. Pelapukan yang disebabkan karena pembekuan air dalam batuan ini terjadi pada daerah yang beriklim sedang. Apabila air membeku maka volume air itu akan mengembang dan akan menyebabkan tekanan. Oleh karena adanya tekanan ini maka batuan akan menjadi rusak atau bahkan pecah.

[3] Pengkristalan Garam

Pelapukan fisika juga bisa disebabkan karena adanya pengkristalan garam. Pelapukan fisika yang disebabkan pengkristalan garam ini tentu saja akan terjadi di daerah pantai. Apabila air tanah mengandung garam, maka pada siang harinya  air akan menguap dan daram- garam akn mengkristal. Pengkristalan ini yang pada akhirnya akan merusak batuan.

[4] Adanya Tekanan Tinggi

Pelapukan secara fisika juga bisa disebabkan karena adanya tekanan tinggi. Pelapukan fisika yang disebabkan karena tekanan tinggi dapat terjadi di daerah yang memiliki topografi curam. Hal ini karena adanya tekanan tinggi pada batuan di bagian bawah yang diperoleh dari massa batuan di atasnya akan mendorong batuan mengalami kerusakan struktur. Hal tersebut akan membuat batuan mengalami kerapuhan sehingga pada akhirnya terjadi longsor dan ukurannya berubah menjadi kecil- kecil.

Demikianlah bahasan Om BT tentang Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya?, Semoga bermanfaat!. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Pelapukan Fisika dan Apa Penyebabnya ?"

Posting Komentar