Definisi Gelombang dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Fisika - Blog Teknisi

Definisi Gelombang dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Fisika


Dear sahabat BT, karena banyak yang request postingan-postingan tentang Ilmu Fisika OM BT kembali mengangkat teori-teori dasarnya. Pada kesempatan ini OM BT akan membahas terkait dengan Definisi Gelombang dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Fisika.

Gelombang adalah getaran yang merambat. Bentuk ideal dari suatu gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Selain radiasi elektromagnetik, dan mungkin radiasi gravitasional, yang bisa berjalan lewat ruang hampa udara, gelombang juga terdapat pada medium (yang karena perubahan bentuk dapat menghasilkan gaya pegas) di mana mereka dapat berjalan dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa mengakibatkan partikel medium berpindah secara permanen; yaitu tidak ada perpindahan secara massal. (wikipedia)

Contoh aplikasi gelombang sederhana bisa dilihat pada gambar berikut : 

Gelombang air laut saat mendekati pantai akan berubah panjang gelombangnya

Konsep gelombang banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gelombang bunyi, gelombang cahaya, gelombang radio, dan gelombang air merupakan beberapa contoh bentuk gelombang. Ketika kita melihat fenomena gelombang laut, ternyata, air gelombang tidak bergerak maju, melainkan melingkar. Sehingga air hanya bergerak naik-turun begitu gelombang melintas. Gelombang air bergerak dengan kecepatan yang bisa diketahui. Tetapi, setiap partikel pada air itu sendiri, hanya berosilasi terhadap titik setimbang. Gelombang bergerak melintasi jarak yang jauh, tetapi medium (cair, padat, atau gas) hanya bisa bergerak terbatas. Dengan demikian, walaupun gelombang bukan merupakan materi, pola gelombang dapat merambat pada materi. Berdasarkan deskripsi diatas dapat didefinisikan gelombang adalah getaran yang merambat. Pada saat merambat gelombang membawa energi terbukti saat gelombang Tsunami menghantam bangunan maka bangunan tersebut akan hancur dan porak poranda.

Jenis-jenis Gelombang

Di alam ini banyak sekali terjadi gelombang. Contohnya ada gelombang air, gelombang tali, cahaya, bunyi, dan gelombang radio. Apakah semua gelombang itu sama? Ternyata semua gelombang itu dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai sifat kemiripannya contohnya dapat dibagi dengan dasar berikut.

a. Berdasarkan arah rambat dan arah getar

Berdasarkan arah rambat dan arah getarnya, gelombang dapat dibagi menjadi dua.

Pertama, gelombang transversal yaitu gelombang yang arah rambat tegak lurus pada arah getarnya. Contohnya gelombang air, tali dan cahaya. 


Kedua, gelombang longitudinal yaitu gelombang yang arah rambat dan arah getarnya sejajar. Contohnya gelombang pegas dan bunyi.


b. Berdasarkan mediumnya

Berdasarkan mediumnya, gelombang juga dapat dibagi menjadi dua yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan media untuk merambat. Contohnya gelombang tali dan bunyi. Gelombang tali hanya bisa merambat jika ada tali sebagai mediumnya. Tanpa tali maka tidak akan terbentuk gelombang tali. Demikian juga dengan gelombang bunyi hanya akan merambat jika terdapat medium perambatannya. Medium perambatan bunyi bisa berupa gas (udara), zat padat maupun zat cair.

Sedangkan gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang dapat merambat baik melalui medium ataupun vakum (tanpa medium). Contohnya cahaya, gelombang radio dan sinar-X. Gelombang jenis ini bisa merambat dengan atau tanpa medium.

c. Berdasarkan amplitudonya

Berdasarkan amplitudonya gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang berjalan dan gelombang stasioner. Gelombang berjalan adalah gelombang yang memiliki amplitudo tetap. Gelombang stasioner disebut juga gelombang berdiri atau gelombang tegak, merupakan jenis gelombang yang bentuk gelombangnya tidak bergerak melalui medium, namun tetap diam. Gelombang ini berlawanan dengan gelombang berjalan atau gelombang merambat, yang bentuk gelombangnya bergerak melalui medium dengan kelajuan gelombang. Gelombang diam dihasilkan bila suatu gelombang berjalan dipantulkan kembali sepanjang lintasannya sendiri. 

Demikian postingan Om BT tentang Definisi Gelombang dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Fisika, Semoga bermanfaat! [VM]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Gelombang dan Jenis-jenisnya dalam Ilmu Fisika"

Posting Komentar