Cara Kerja Vacuum Cleaner (Alat Penghisap Debu) - Blog Teknisi

Cara Kerja Vacuum Cleaner (Alat Penghisap Debu)

Gambar Vacuum Cleaner
Hallo sahabat BT, senang bisa jumpa lagi. Kali ini om BT ingin berbagi tentang Vacuum Cleaner. Tentu sahabat sekalian sudah sudah sangat mengenal yang namanya alat Vacuum Cleaner ini. Vacuum Cleaner sering disebut juga sebagai alat penghisap debu.  

Secara teknis definisi Vacuum Cleaner adalah alat yang menggunakan pompa udara yang menciptakan ruang hampa udara sebagai medium untuk menghisap debu dan kotoran.

Alat ini sangat membantu pekerjaan Rumah Tangga, khususnya untuk membersihkan debu dengan cepat dan efisien. Alat ini khusus digunakan untuk menghisap debu yang melekat di permukaan lantai, karpet furniture, sofa, dinding, dll.

Sebagian besar rumah dengan lantai berkarpet di negara berkembang memiliki alat ini sebagai pembersih. Biasanya kotoran akan dikumpulkan dengan sistem penyaringan maupun siklon untuk kemudian dibuang.

Dalam dunia usaha alat peghisab debu ini juga sudah menjadi alat wajib yang dimiliki. Seperti dalam usaha cuci mobil yang keberadaannya dipakai untuk membersihkan bagian interior mobil seperti, jok, karpet, dashboard dan sela-sela part / bagian didalam mobil. Akhir-akhir ini vacuum cleaner yang dipergunakan dalam usaha cuci mobil adalah vacuum yang mempunyai fungsi “WET and DRY” dapat dipakai untuk menghisap permukaan kering dan permukaan basah (lembab air).

Gambar Komponen Vacuum Cleaner
Bagian-bagian utama dari Vacuum Cleaner :

  • Inlet
  • Filtration
  • Storage
  • Suction

Pada Vacuum Cleaner modern sudah dilengkapi dengan :

  • Hose and tools / Brush bar
  • Filter Bag / Air / Cyclone
  • Bin / Bag
  • Motor

Type-Type dari Vacuum Cleaners

  • Upright Vacuum Cleaners
  • Canister Vacuum  Cleaners
  • Stick Vacuum Cleaners
  • Handheld Vacuum Cleaners

Cara dan Prinsip Kerja


Media filter, memberikan anda kebersihan dan kinerja tertinggi. Pada vacuum cleaner konvensional, filter yang umumnya digunakan adalah kertas atau kain. Filter tersebut menyimpan debu, kotoran, tetapi partikel-partikel kecil dapat juga menutup filter vacuum cleaner itu sendiri. Sehingga dapat mengurangi aliran udara, mengurangi efektivitas pembersihan. Dengan filter air, Vacuum Cleaner ini dapat menghisap segala jenis kotoran seperti debu, sisa makanan, pasir besar dan kecil, rambut, bulu hewan, dan lain-lain.
  1. Prinsip kerja dari vacuum cleaner ini dengan cara memanfaatkan perbedaan tekanan.
  2. Fan (kipas) akan mengurangi tekanan didalam vacuum cleaner sehingga terjadi vacuum (ruang hampa).
  3. Tekanan Atmosfir akan mendorong udara luar kedalam vacuum cleaner sehingga debu akan ikut terhisap masuk kedalam kantong debu didalam vacuum cleaner.
  4. Debu dan udara yang terhisap melalui penyedot (intake port) melewati penyaring (filter). Debu ditampung di kantong debu (dust bag) dan udara dibuang dalam keadaan bersih ke atmosfir setelah melewati penyaring.

Demikian sekilas info tentang Vacuum Cleaner, semoga bermanfaat!. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kerja Vacuum Cleaner (Alat Penghisap Debu)"

Posting Komentar