AKI Anda SOAK, RUSAK dan Tidak Berfungsi Optimal, Coba Pakai BODREX! - Blog Teknisi

AKI Anda SOAK, RUSAK dan Tidak Berfungsi Optimal, Coba Pakai BODREX!

AKI/ACCU/Akumulator 
Senang bisa jumpa lagi sahabat BT, hari ini OM BT ingin berbagi TIPS tentang  AKI a.k.a ACCU a.k.a Akumulator yang sedang menuju SOAK, sedang tidak OPTIMAL fungsinya bahkan sampai yang sudah diduga rusak.   

Sebelumnya OM BT ingin menjelaskan secara umum apa itu AKI a.k.a ACCU a.k.a Akumulator. Seperti yang dijelaskan oleh Wikipedia, AKI/ACCU/Akumulator adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi (umumnya energi listrik) dalam bentuk energi kimia. 

Lebih lengkapnya AKI/ACCU/Akumulator adalah sebuah sel listrik dimana di dalamnya berlangsung proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan) dengan efisiensinya yang tinggi. Yang dimaksud dengan proses elektrokimia reversibel, adalah di dalam baterai dapat berlangsung proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik (proses pengosongan), dan sebaliknya dari tenaga listrik menjadi tenaga kimia, pengisian kembali dengan cara regenerasi dari elektroda-elektroda yang dipakai, yaitu dengan melewatkan arus listrik dalam arah (polaritas) yang berlawanan di dalam sel.

Pada umumnya di Indonesia, kata akumulator (disebut sebaga aki atau accu) hanya dimengerti sebagai "baterai" mobil atau motor. Sedangkan di Eropa, kata akumulator dapat mengacu kepada baterai, kapasitor, kompulsator, dll.

Sesuai dengan standar internasional setiap satu cell AKI/ACCU/Akumulator memiliki tegangan sebesar 2 volt sehingga AKI/ACCU/Akumulator 12 volt, memiliki 6 cell sedangkan AKI/ACCU/Akumulator 24 volt memiliki 12 cell.

AKI/ACCU/Akumulator  merupakan sel yang banyak kita jumpai karena banyak digunakan pada sepeda motor maupun mobil.  Dipasaran  AKI/ACCU/Akumulator biasa dibedakan menjadi dua jenis, ada  AKI/ACCU/Akumulator BASAH dan ada  AKI/ACCU/Akumulator  KERING.

Pada kesempatan ini OM BT fokus bagaimana memperbaiki fungsi AKI/ACCU/Akumulator BASAH yang telah soak, fungsinya tidak optimal bahkan diduga telah rusak dengan menggunakan BODREX (Obat sakit kepala). 

Menurut informasi dari Rarali News, tips ini begitu mudah dan tentunya tak usah mengeluarkan banyak uang alias hemat. AKI/ACCU/Akumulator motor maupun AKI/ACCU/Akumulator  mobil jika dipakai terus-menerus jelas lama kelamaan pastinya akan terjadi penurunan fungsi lebih parahnya sampai kepada kerusakan. Adapun penyebab terjadinya kerusakan atau penurunan fungsi biasanya beragam mulai dari usia sampai kepada intensitas penggunaan. 

Pada saat mengalami kerusakan pada AKI/ACCU/Akumulator, kita tentu selalu terpikir bagaimana cara memperbaikinya. Nah, semoga tips kali ini bisa membantu, namun sebelumnya wajib di garis bawahi bahwa tips yang akan dibagikan kali ini tak seluruhnya akan sukses, tingkat keberhasilan sangat berpengaruh pada keadaan AKI/ACCU/Akumulator  tersebut. Jika komponen-komponen yang terdapat pada AKI/ACCU/Akumulator sedang dalam kondisi yang begitu sangat lapuk, bahkan terdapat begitu banyak komponen yang terputus maka bisa jadi tingkat keberhasilannya akan amat kecil.

Lalu, langkah apa saja yang dapat kita lakukan agar AKI/ACCU/Akumulator yang telah rusak atau fungsinya tidak optimal tersebut dapat pulih dan bisa digunakan kembali ? Sebelum memulai kita terlebih dahulu persiapkan alat serta bahan yang kelak kita perlukan ketika proses perbaikan AKI/ACCU/Akumulator BASAH yang sudah rusak atau tidak berfungsi dengan optimal tersebut.

  • Air aki zuur
  • Air setengah panas
  • Obat Sakit Kepala (Bodrex)
  • Obeng

1 dari 4 bahan di atas tentunya akan membuat sahabat BT bertanya-tanya alias keheranan. Yah, karena bahan tersebut dikenal sebagai obat untuk mengobati sakit kepala. OM BT sendiri belum memperaktekkannya tetapi menurut pengalaman seseorang (sesuai dengan postingan dari Rarali News) yang sudah menggunakan ini, TIPS ini terbukti lumayan ampuh untuk mengoptimalisasi lagi sel-sel AKI/ACCU/Akumulator BASAH yang telah mati.

Reaksi antara bahan-bahan kimia yang terdapat pada obat bodrex beserta larutan AKI/ACCU/Akumulator tersebut mampu mereduksi -oksidasi dengan demikian AKI/ACCU/Akumulator mampu berfungsi lagi. Kandungan Kofein, Propifenazon, dan Parasetamol yang terdapat pada obat bodrex selaku penghilang dan pereda rasa sakit rupanya dapat memperbaiki  AKI/ACCU/Akumulator  yang sudah SOAK, tidak otimal fungsinya bahkan yang sudah rusak. Hal ini tentunya sangatlah asing dan juga unik terdengar ditelinga kita.

Komponen AKI/ACCU/Akumulator 

Tahapan Memperbaiki AKI/ACCU/Akumulator BASAH  :
  1. Sediakan AKI/ACCU/Akumulator  motor atau AKI/ACCU/Akumulator  mobil yang sudah rusak.
  2. Bersihkan semua cairan yang ada pada setiap sel-sel AKI/ACCU/Akumulator .
  3. Masukan air panas pada sel yang bertujuan untuk membersihkan serta mengaktifkan kembali sel yang mati (lakukanlah pengulangan 2 sampai 4 kali sehingga air buangan terlihat benar-benar bersih).
  4. Lalu keringkan AKI/ACCU/Akumulator  tersebut sedikitnya 3 jam atau selama satu hari (kian lama kian baik).
  5. Sehabis itu tuangkan air AKI/ACCU/Akumulator (larutan air aki zuur), pada tiap sel diberi satu obat bodrex yang telah dihaluskan dengan cara ditumbuk.
  6. Diamkan selama satu hari sebelum menggunakan aki tersebut.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki AKI/ACCU/Akumulator BASAH yang SOAK, yang lagi tidak optimal fungsinya bahkan yang sudah rusak. OM BT tidak bisa memastikan kalau cara ini akan berhasil 100% karena OM BT belum mempraktekannya, tetapi dari pada AKI/ACCU/Akumulator dibiarkan rusak dan fungsinya tidak optimal, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini. [BT]

Share Please!

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AKI Anda SOAK, RUSAK dan Tidak Berfungsi Optimal, Coba Pakai BODREX! "

Posting Komentar