Ini Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger di Kabel Listrik Bertegangan


Dear sahabat BT, pernahkah anda melihat burung sedang bertengger di kabel listrik bertegangan ?, tentu pernah dan tentunya sahabat akan bertanya-tanya ada apa gerangan dengan burung tersebut sehingga sama sekali tidak kesetrum listrik. 

Dalam teorinya listrik akan mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah seperti air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Bumi atau tanah memiliki tegangan rendah, maka listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konduktor. 

Manusia dengan body yang dianugrahkan sang pencipta kepada kita merupakan konduktor yang baik, sehingga mampu mengalirkan listrik dari sumber listrik ke bumi jika kita tidak menggunakan alas kaki atau langsung menginjak tanah. 

Contoh kecil bisa kita lakukan percobaan kecil-kecilan sebagaimana yang pernah kita lakukan di sekolahan dulu. Bahwah teorinya listrik akan mengalir jika ada rangkaian tertutup, sebuah lampu yang dihubungkan dengan sebuah battery  akan menyala jika saklarnya dihubungkan. Artinya, terjadi perpindahan potensial dari kutub negatif ke kutub positif. Jika kutub yang dihubungkan sejenis, maka listrik tidak akan mengalir.

Nah bagaimana dengan burung ?. Burung berbeda dengan manusia, kalau di atas kita katakan bahwa manusia dengan body yang ada sekarang merupakan konduktor yang baik, maka burung adalah sebaliknya, mereka bukan konduktor yang baik untuk aliran listrik. Sel dan jaringan pada tubuh burung tidak lebih mudah di aliri arus listrik jika dibandingkan dengan konduktor tembaga di mana burung tersebut sedang bertengger. 

Selain itu tidak adanya beda potensial di satu buah kabel di mana burung tersebut bertengger. Berbeda kasusnya bila si burung bertengger pada dua buah kabel, maka secara langsung burung tersebut akan tersengat listrik dan mati.

Sumber gambar : scienceabc.com
Hal ini terjadi karena tubuh si burung akan menjadi jalan bagi arus listrik untuk mencapai tanah atau tempat dengan tegangan yang berbeda (kawat lain pada tegangan yang berbeda, misalnya). 

Inilah sebabnya mengapa kabel listrik cenderung dipasang tinggi di udara dengan banyak ruang antara kabel, agar tidak ada yang menyentuhnya atau kabel yang saling bersentuhan.

Nah dari penjelasan di atas mudah-mudahan kita sudah bisa memahami Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger di Kabel Listrik Bertegangan. Semoga bemanfaat. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Kenapa Burung Tidak Kesetrum Saat Bertengger di Kabel Listrik Bertegangan"

Poskan Komentar