Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika

Dear sahabat BT, bagi pelajar SD atau SMP/SLTP yang mencari referensi tentang Ilmu Fisika bisa ditengok postingan-postingan OM berikut ini.

Hari ini kebetulan sangat panas he he he, OM akan berbagi tentang Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika, mudah-mudahan bisa bermanfaat :

Panas atau sering disebut juga bahang, atau dalam bahasa fisikanya disebut dengan kalor adalah energi yang berpindah akibat perbedaan suhu. Satuan SI untuk panas adalah joule.

Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Setiap benda memiliki energi dalam yang berhubungan dengan gerak acak dari atom-atom atau molekul penyusunnya.


Energi dalam ini berbanding lurus terhadap suhu benda. Ketika dua benda dengan suhu berbeda bergandengan, mereka akan bertukar energi internal sampai suhu kedua benda tersebut seimbang. Jumlah energi yang disalurkan adalah jumlah energi yang tertukar. Kesalahan umum untuk menyamakan panas dan energi internal. Perbedaanya adalah panas dihubungkan dengan pertukaran energi internal dan kerja yang dilakukan oleh sistem. Mengerti perbedaan ini dibutuhkan untuk mengerti hukum pertama termodinamika.

Untuk penerapan sederhanya silahkan disimak gambar di bawah :


Demikian postingan OM tentang Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika. Semoga bermanfaat ! [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panas (Kalor) dalam Ilmu Fisika"

Poskan Komentar