Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi

Senang bisa jumpa lagi sahabat BT, malam ini saya bermaksud untuk sharing tentang Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi. Informasi ini mungkin berguna bagi mahasiswa teknik Elektro maupun dari jurusan teknik lainnya.

Menurut Badan Standarisasi Nasional (BSN) definisi dari audit energi adalah proses evaluasi pemanfaatan energi dan identifikasi peluang penghematan energi serta rekomendasi peningkatan efisiensi pada pengguna energi dan pengguna sumber energi dalam rangka konservasi energi. (SNI 6196:2011). 
Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Sedangkan konservasi energi sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan pemanfaatan energi secara lebih efisien (optimal) dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan. (Abdurrachim, dkk., 2002).

Adapun tujuan dari konservasi energi pada bangunan gedung adalah agar terjadi upaya sistematis, terencana dan terpadu guna melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya tanpa mengorbankan tuntutan kenyamanan manusia dan/atau menurunkan kinerja alat. (SNI 6196:2011).

Jadi, sederhananya tujuan dari audit energi adalah bagaimana mengidentifikasi dan melihat peluang efisiensi atau penghematan energi tanpa mengurangi kwalitas pengunaan energi itu sendiri, mengingat tingkat kebutuhan energi setiap saatnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Demikian postingan saya tentang Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi, semoga bermanfaat. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Audit Energi dan Konservasi Energi"

Poskan Komentar