Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik

Senang jumpa lagi sahabat, hari ini saya ingin berbagi informasi tentang dunia kelistrikan. Tentunya kita semua sudah tahu manfaat listrik yang ada sekarang, terutama listrik yang masuk ke rumah kita masing-masing. Kita bisa memasak menggunakan rice cooker karena listrik, kita bisa belajar dan beraktivitas dengan lancar karena lampu penerangan kita dari listrik, nonton tv, menjalankan pompa air, mendinginkan makanan/minuman dengan refrigerator itu karena listrik. Tapi kemungkinan, kita belum semua tahu dari mana dan seperti apa listrik bisa masuk ke rumah kita. Nah berikut ini penjelasan tentang Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik.


Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Sistem penyaluran tenaga listrik dari pembangkit tenaga listrik ke konsumen (beban), merupakan hal penting untuk dipelajari. Mengingat penyaluran  tenaga listrik ini, prosesnya  melalui  beberapa tahap, yaitu  dari pembangkit  tenaga listrik penghasil energi listrik, disalurankan  ke jaringan transmisi (SUTET) langsung ke gardu induk. Dari gardu induk tenaga listrik disalurkan ke jaringan distribusi primer (SUTM), dan melalui gardu distribusi langsung ke jaringan distribusi sekuder (SUTR), tenaga listrik dialirkan ke konsumen. Dengan demikian sistem distribusi tenaga listrik berfungsi membagikan tenaga listrik kepada pihak pemakai melalui jaringan tegangan rendah (SUTR),   sedangkan   suatu   saluran   transmisi   berfungsi   untuk menyalurkan  tenaga  listrik bertegangan  ekstra tinggi ke pusat-pusat  beban dalam daya yang besar (melalui jaringan distribusi).

Tenaga listrik yang dihasilkan  dan dikirimkan  ke konsumen  melalui Pusat Pembangkit  Tenaga Listrik,  Gardu  Induk, Saluran  Transmisi,  Gardu Induk,  Saluran  Distribusi, dan kemudian ke beban (konsumen tenaga listrik). Berikut gambar yang bisa menjelaskan asal muasal listrik bisa sampai ke konsumen, lebih khusus ke rumah-rumah kita :

Sistem Distribusi Tenaga Listrik



Sistem  pembangkit  (generation  plant)  terdiri  dari satu atau lebih unit pembangkit  yang  akan mengkonversikan  energi  mekanik  menjadi  energi listrik  dan  harus  mampu  menghasilkan  daya listrik  yang  cukup  sesuai kebutuhan  konsumen.  Sistem transmisi berfungsi  mentransfer  energi listrik dari unit-unit  pembangkitan  di berbagai  lokasi  dengan  jarak yang jauh ke sistem distribusi, sedangkan sistem distribusi berfungsi untuk menghantarkan energi listrik ke konsumen, seperti ditunjukkan pada gambar  di bawah ini :


Diagram Satu Garis Distribusi Tenaga Listrik
Demikian penjelasan singkat dari konsep dasar jaringan distribusi listrik, semoga bermanfaat terutama bagi teman-teman teknik elektro. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Mengenal Konsep Dasar Jaringan Distribusi Listrik " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    BalasHapus