Internet dan Manfaatnya di Dunia Bisnis

Dear Sahabat BT, hari ini saya kembali memuat postingan lama dari rumah lama saya tentang Internet dan Manfaatnya di Dunia Bisnis. Semoga bisa menginspirasi bagi sahabat sekalian.

Internet adalah salah satu media yang paling tepat untuk mengembangkan dan mempromosikan bisnis/usaha yang kita miliki. Di sana banyak fasilitas yang disediakan untuk mencapai tujuan bisnis kita, mulai dari komunikasi, promo produk sampai memperluas network bisnis. Seiring dengan perkembangannya yang begitu pesat semakin banyak fasilitas-fasilitas baru yang bermunculan.


Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Fasilitas-fasilitas ini jika kita tahu dan bisa manfaatkan dengan maksimal tentu akan mampu mempengaruhi perkembangan bisnis dan usaha kita. Ada beberapa fasilitas di internet yang bisa kita jadikan pilihan diantaranya :

1. Email

Fasilitas ini sudah dikenal sejak lama di dunia Internet dan sudah banyak dimanfaatkan oleh para usahawan untuk memperlancar komunikasi bisnis mereka. Dilihat dari fungsi asalnya, email memang digunakan sebagai media komunikasi surat-menyurat elektronik. Saat ini Email sudah menjadi hal yang wajib dimiliki dan diketahui oleh para pengguna Internet. Alasannya karena banyak aktifitas di dunia Internet yang mengharuskan adanya email. Selain itu email juga bisa menjadi sarana promo untuk produk-produk usaha kita. Hanya tergantung dari cara kita saja untuk bisa memaksimalkannya. Yahoo dan Gmail adalah 2 contoh penyedia email gratis terbesar yang ada di dunia saat ini.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Email Yahoo Terbaru 2014

2. Milis

Milis merupakan kepanjangan dari mailing list yang tidak lain adalah group diskusi di Internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta di dalamnya. Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama. Biasanya milis ini banyak digunakan oleh komunitas-komunitas untuk memperlancar komunikasi dan tukar menukar informasi.

Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak. Melihat asal penggunaannya ini bisa kita manfaatkan untuk pengembangan bisnis. Misalnya dengan membuat milis yang menghimpun para pengusaha tertentu. Dari sana jelas fasilitas milis ini bisa kita manfaatkan untuk tukar menukar informasi mengenai produk dan trik-trik bisnis serta bisa juga menjadi sarana promosi untuk produk usaha kita. Googlegroups dan Yahoogroups adalah contoh penyedia fasilitas milis ini.

3. Jejaring Sosial

Fasilitas ini yang lagi ngetrend sekarang. Sangat banyak manfaatnya kalau kita bisa menggunakan dan memaksimalkannya. Jejaring sosial sesuai penamaannya digunakan sebagai media interaksi sosial di dunia maya. Dari fungsinya kita sudah bisa menebak bahwa yang menjadi fokusnya adalah memperbanyak dan memperluas jaringan. Bagi seorang usahawan seharusnya sudah melihat peluang ini lebih jauh untuk bisa mengambil celah penggunaannya. Facebook, Twitter dan Google+ adalah beberapa dari sekian banyak jejaring sosial yang ada. Tapi menurut pengamatan saya jejaring sosial inilah yang paling digemari oleh banyak orang hampir diseluruh dunia.

4. Blog

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Baca Juga : Manfaat-Manfaat dari Blog alias Nge'Blog'

Banyak manfaat jika kita mempunyai sebuah blog. Manfaat dari penggunaan blog ini akan saya bahas pada postingan khusus disuatu waktu. Pada kesempatan ini saya hanya ingin menjelaskan tentang manfaat hadirnya blog untuk kepentingan bisnis. Bagi seorang usahawan blog bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk-produk usaha dan bisa menjadi media untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Semua itu bisa terwujud jika dikelola secara profesional. Penggunaan media blog ini beragam dan bisa diorientasikan ke topik apa saja tergantung dari si pemilik. Si pemilik berhak untuk membranding blognya kearah yang dia inginkan. 

5. Online Chat

Online chat adalah salah satu fasilitas di dunia Internet yang digemari banyak orang. Banyak manfaat bisa kita dapatkan di sana. Tapi intinya penggunaan online chat ini adalah mempertemukan 2 orang atau lebih untuk menjalin komunikasi entah itu berjarak dekat maupun jauh. Online chat sampai sekarang banyak mengalami perkembangan dari yang hanya bisa berinteraksi via tulisan sampai kepada optimalisasi voice dan video. Ini sangat bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk mengembangkan bisnis/usahanya. Yahoo Messanger, Google Talk, Skype adalah beberapa contoh dari sekian banyak media online chat yang ada.

Untuk sementara hanya 5 fasilitas di dunia Internet itu yang bisa saya bahas pada kesempatan ini. Jika kita bisa memanfaatkan dan memaksimalkan penggunaannya, sangat bisa untuk mempengaruhi pengembangan bisnis atau usaha kita ke depan. Bukan hanya itu, lebih luas sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal termasuk di dalamnya aktivitas dakwah dan penyebaran ide-ide brilian bin cemerlang. Dan hebatnya ke-lima fasilitas di atas bisa kita dapat dengan cara free alias bebas tanpa biaya sehingga bisa meminimalisasi biaya iklan yang biasa menjadi beban pemikiran para pelaku pengusaha. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Internet dan Manfaatnya di Dunia Bisnis"

Poskan Komentar