Cara Mudah Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC

Senang ketemu lagi sahabat Blog Teknisi, hari ini OM BT ingin berbagi tips tentang Cara Mudah Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC.

Dalam kehidupan seseorang yang hidup di zaman digital biasanya selalu ingin mendokumentasikan setiap aktivitas sehari-harinya, seperti para pencinta movie, game, dll. Motivasinya beragam, ada yang hanya ingin mengarsipkannya saja, berbagi pengalaman dengan teman-teman, bahan bukti suatu aktivitas, dll. 

Nah, biasanya timbul kesulitan untuk melakukan hal tersebut (Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC). Pada kesempatan ini saya ingin mencoba berbagi tips tersebut. 

Credit Picture : pixabay.com (License: CC0 Public Domain)
Pertama, dengan menggunakan perangkat bawaan komputer alias tanpa software. Kita bisa menggunakan fitur 'PrtSc' alias 'Print Screen' pada keyboard PC milik kita. Cara penggunaannya sangatlah mudah, saat kita sedang melaksanakan aktivitas digital pada PC, kita tinggal menekan tombol tersebut pada keyboard untuk bisa  Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC. Selanjutnya buka program 'PAINT' bagi pengguna OS windows, dan program serupa untuk pengguna OS lainnya kemudian 'PASTE' pada program tersebut.  Lihat gambar :


Gambar Tampilan Program Paint pada OS Windows

Kedua, dengan menggunakan software 'Fraps'. Apa itu Fraps, Fraps adalah sebuah aplikasi Windows yang dapat digunakan sebagai Benchmarking Software, Screen Capture Software, Realtime Video Capture Software. Kita akan fokus bagaimana cara menggunakan software ini sebagai Screen Capture Software. Silahkan ikut tahapan-tahapan berikut ini :

1. Masuk ke situs 'Fraps' dengan mengklik ini www.fraps.com unduh langsung softwarenya.


2. Install seperti biasa pada komputer anda, setelah itu klik ikon 'Fraps' jika anda bermaksud untuk menjalankan software ini (bermaksud untuk screen capture atau  lainnya).


3. Setelah program 'Fraps' diklik akan muncul antarmuka program ini. Di sana ada settingan kapan program ini bisa dijalankan ada tiga opsi di tambah satu opsi, silahkan dipiih salah satunya (cukup dicentang). Setelah itu klik tab 'SCREEENSHOTS' untuk melihat pengaturannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah :


4. Pada pengaturan 'SCREEENSHOTS' ada pengaturan di mana anda harus menyimpan file yang sudah dicapture. Silahkan dipilih sesuai keinginan anda. Sedangkan untuk meng'capture' anda tinggal menekan tombol 'F10' maka file-file yang ingin anda rekam akan langsung tersimpan di folder yang sudah disetting sebelumnya. Oh yah, format gambar akan di simpan dengan ekstensi BMP, sedangkan untuk JPG, PNG dan TGA anda harus full register dulu untuk programnya.



Demikian, postingan om BT tentang Cara Mudah Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC. Semoga bermanfaat ! [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Merekam, Capture, Screenshot Gambar Film atau Game pada PC"

Poskan Komentar