Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Jumpa lagi sahabat BlogTeknisi, hari ini saya mau berbagi tentang K3, tentunya sahabat tidak asing lagi dengan istilah ini. K3 adalah singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Ini penting untuk diketahui oleh para pekerja khusunya yang pekerjaannya penuh dengan resiko kecelakaan.

Logo K3
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita lihat, dengar atau baca dari berbagai media massa mengenai berita kecelakaan serta akibat-akibatnya, bahkan mungkin kita sendiri pun pernah merasa hal tersebut, walaupun mungkin kita rasakan masih dalam batas-batas yang relatif  ringan dengan atau tanpa memperhatikan efek lanjutannya.

Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak dapat di duga dan tidak diharapkan sebelumnya. Dikatakan tidak terdapat unsur kesengajaan terlebih dalam bentuk perencanaan.

Kecelakaan akibat kerja adalah kecelakaan yang berkaitan dengan pekerjaan suatu tempat kerja dan ini berarti kecelakaan tersebut disebabkan oleh pekerjaannya atau pada saat melakukan pekerjaan tersebut.

Kecelakaan biasanya datang ketika kita tidak siap menghadapkannya. Kekagetan yang ditimbulkan oleh peristiwa mendadak itu dan rasa takut melihat akibatnya dapat membuat orang gampang menjadi panik.

Gangguan kesehatan dan kesehatan kerja dapat terjadi dimana saja, baik dalam suatu proses yang sederhana maupun proses-proses yang berat dan kompleks, terutama dengan meningkatnya industrialisasi dan pesatnya perkembangan teknologi dewasa ini.

Keselamatan kerja adalah merupakan suatu upaya agar pekerja selama ditempat kerjanya sehingga terhindar dari kecelakaan termasuk juga untuk menyelamatkan peralatan serta produksi.

Keselamatan kerja adalah merupakan suatu upaya untuk menjaga kesehatan pekerja dan mencegah pencemaran di sekitar tempat kerjanya (masyarakat dan lingkungan). [BT]

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)"