Pengertian dan Penjelasan Black Box (Kotak Hitam) Pesawat

Hai sobat BlogTeknisi, hari ini saya akan mencoba sharing  terkait dengan Black Box (Kotak Hitam) sebuah pesawat. Akhir-akhir ini kita banyak menyaksikan musibah kecelakaan pesawat, nah untuk mengetahui atau menyelidiki sebab kecelakaan tersebut biasanya pihak yang berwajib dalam hal ini KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) mencari penyebabnya lewat benda tersebut.

Sederhananya pengertian Black Box (Kotak Hitam) adalah sekumpulan perangkat yang digunakan dalam bidang transportasi yang umumnya merujuk kepada perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Uniknya walaupun benda ini dinamakan Black Box (Kotak Hitam) tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam tetapi berwarna orange (jingga). Hal ini dimaksudkan agar suatu saat jika terjadi kecelakaan bisa memudahkan penemuan benda tersebut. 

Gambar Black Box (Kotak Hitam) [Foto : Wikipedia]
Jadi, dalam dalam Black Box (Kotak Hitam) tersebut berisi perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) yang fungsinya untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan.

Komponen Black Box (Kotak Hitam)
Black Box (Kotak Hitam) ini sudah didesain sedemikian rupa untuk tahan dan tidak rusak dalam kondisi apapun, baik karena benturan, panas, terkena cairan, dll. Sehingga bisa dipastikan jika terjadi kecelakaan pesawat, benda ini bisa mengungkap penyebabnya.

Penempatan kotak hitam inipun dilakukan sedemikian rupa agar mudah ditemukan saat terjadi kecelakaan pesawat. Umumnya terdapat dua unit kotak hitam yang diletakkan pada bagian depan pesawat dan bagian ekor pesawat, yang diyakini merupakan bagian yang utuh ditemukan.

Membaca Data Black Box (Kotak Hitam) [Foto : Detikcom]
Seiring dengan perkembangan teknologi, Black Box (Kotak Hitam) ini juga terus dioptimasi agar fungsinya bisa semakin maksimal. Contoh kecil dahulu awal-awal ditemukan alat perekamnya masih menggunakan pita kaset biasa sekarang sudah diubah menjadi sebuah chip yang memiliki memori yang khusus, bahkan ada yang mengusulkan tidak hanya bisa merekam suara (voice), kedepan sebuah Black Box (Kotak Hitam) bisa dilengkapi dengan video recorder untuk merekam aktivitas pilot dan co pilot pada detik-detik menjelang kecelakaan. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Penjelasan Black Box (Kotak Hitam) Pesawat"

Poskan Komentar