Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Rusak atau Error

Semangat pagi sahabat Blog Teknisi, hari ini saya mencoba sharing tentang Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Rusak atau Error. Sering kita jumpai masalah seperti ini setelah flashdisk banyak digunakan sebagai media penyimpan pengganti disket dan compact disk (cd). Olehnya itu dibutuhkan tips trik untuk mengatasi masalah tersebut. 

Saat kita menjumpai flasdisk kita tidak tebaca, rusak atau error oleh OS komputer kita maka langkah pertama adalah memastikan apakah komputer kita terinfeksi virus atau tidak. Cara mengidentifikasi komputer kita terinfeksi virus atau tidak yaitu dengan mengenali ciri-cirinya misal : banyak file-file asing yang sebelumnya tidak pernah ada, terasa lama dan berat saat loading, tidak ter-install atau ter-updatenya antivirus di komputer kita, dll.  Maka setelah komputer dipastikan sudah bervirus boleh jadi yang  menyebabkan flash disk kita Tidak Terbaca, Rusak atau Error disebabkan oleh virus tersebut.  Baca Juga : Begini Cara Merawat Komputer Anda

ilustrasi
Seiring perkembangan teknologi komputer, perkembangan viruspun semakin pesat sehingga ada beberapa virus yang tidak hanya menyerang sistem komputer tetapi juga ikut menyerang device lainnya seperti flasdisk kita. Sehingga, untuk menyelesaikan masalah ini pertama-tama adalah dengan membersihkan komputer kita dari virus-virus tersebut. Cara paling ampuh adalah menginstal ulang OS komputer kita dan menginstal antivirus yang tepat dan pastikan agar selalu ter-Update dan tidak Expired. Setelah komputer kita dinyatakan bersih dari virus masukkan flashdisk yang bermasalah tadi coba scan dengan menggunakan antivirus yang sudah ada. Jika OS komputer anda adalah Windows dan Flashdisk anda masih belum bisa terbaca coba lakukan format pada flashdisk anda caranya :

1. Klik kanan ikon Flashdisk (removable disk) >  Format

2. Klik Quick Format > Start


Setelah menempuh cara format biasa, tapi tidak ada hasil yang berarti coba menggunakan cara alternatif di bawah : 

1. Pertama-tama, masukkan USB flashdisk ke USB port yang ada di komputer anda.
2. Kemudian klik start > run lalu ketik : compmgmt.msc  > OK


3. Kemudian disana akan muncul program compmgmt, nah sekarang klik program tersebut.
4. Setelah itu anda pilih storage yang ada di tengah kemudian pilih disk management.
 
5. Kemudian biasanya flashdisk anda bakal terdeteksi, lalu klik kanan dan pilih Create Partition.
6. Silahkan anda format flashdisknya dengan cara mengKlik kanan kemudian pilih Format.

Cara Lain:

Dengan cara menggunakan tools HDD low level format yang dapat anda unduh pada link download dibawah. Speed lokal jadi irit bandwith internasional. Apabila USB flashdisk anda tidak terbaca tetapi isinya hilang sementara space memori berkurang itu bisa jadi disembunyikan oleh virus. Semoga dapat membantu. Silahkan googling dan download softwarenya dengan kata kunci Download Software HDD Low Level Format.


Nah begitulah tips dan trik Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Rusak atau Error yang bisa om BlogTeknisi bisa bagi. Kalau cara di atas sudah tidak bisa memperbaki flashdisk anda coba cari cara lain seperti update firmware, dll. Jika berbagai cara sudah dilakukan namun tidak membuahkan hasil, berarti itu pertanda anda harus mengganti flashdisk anda dengan yang baru :-). Semoga bermanfaat !. [BT]

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca, Rusak atau Error"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Makasih mas informasinya, flashdisk saya pernah kecemplung air, sy khawatir flashdisknya rusak ...

    BalasHapus