Menggambar Instalasi Listrik Penerangan Rumah Tinggal

Bangunan gedung baik untuk rumah tinggal, kantor, sekolahan yang dilengkapi sarana pendukung listrik dalam membangun agar dapat berfungsi dan dihuni dengan baik, nyaman serta memenuhi keselamatan memerlukan perencanaan gambar instalasi listrik yang cermat dengan mengacu pada aturan-aturan yang ditetapkan dalam dunia teknik listrik. 

Gambar instalasi listrik memegang peranan yang sangat vital dan menentukan dalam suatu perencanaan instalasi, karena hanya dengan bantuan gambar suatu pekerjaan pemasangan instalasi dapat dilaksanakan. 

Karena banyak fakta dilapangan instalatir-instalatir yang tidak memiliki kompetensi juga tidak melengkapi gambar-gambar yang dibutuhkan saat melakukan instalasi. Sehingga secara tidak langsung ini awal mula munculnya persoalan-persoalan baik yang sifatnya teknis maupun dari sisi tercapainya kelayakan instalasi listrik yang sesuai standar.

Berikut ini beberapa penjelasan yang menerangkan unsur-unsur apa saja yang dimuat dalam suatu gambar instalasi penerangan rumah tinggal :

Daya Terpasang 

Untuk instalasi penerangan yang kecil dengan nilai daya pasang 450 VA, disebut instalasi listrik penerangan 1 phase, 1 group dengan pengaman arus (MCB) 2 Ampere. Pelayanan tenaga listrik dari tiang jaringan listrik ke pemakai (kwh + MCB) merupakan tugas dari PLN sedangkan dari panel bagi (kotak sekering) sampai ke pemasangan titik nyala (lampu dan kotak kontak) dan satu unit grounding (pentanahan) merupakan tugas Biro Teknik Listrik (BTL).


Penempatan Saklar dan Kotak 

Kontak Penempatan saklar dekat pintu dan mudah dicapai oleh tangan, arah tuas (kutub) saklar harus sama baik saat di-on-kan maupun di-off- kan, sedangkan pemasangan dan penempatan kotak kontak disesuaikan dengan beban yang akan disambung. Tinggi penempatan saklar dan kotak kontak 150 cm diatas lantai.


Ilustrasi Rumah Tinggal

Penempatan Lampu Penerangan 

Di dalam menggambar instalasi listrik penerangan, lampu penerangan merupakan bagian yang sangat penting, pemilihan lampu disesuaikan dengan penggunaan ruang, perhitungan iluminasi yang teliti tidak terlalu diperlukan dalam penerangan rumah (gedung), namun dengan bantuan tabel sangat membantu dalam menentukan tata letak pemasangan lampu yang tidak menyilaukan. Tabel 1 dibawah ini menunjukkan variasi lumen yang diperlukan per meter persegi (m2) dalam suatu ruangan. Tabel 1. Variasi Besarnya Lumen dalam Ruangan Area Lumen/m2 Ruangan keluarga 800 Ruangan makan 450 Dapur 800 Kamar mandi 650 Meja kerja 750.


Gambar 3 di bawah ini menunjukkan penempatan saklar, kotak kontak, dan lampu penerangan.




Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menggambar Instalasi Listrik Penerangan Rumah Tinggal "

Poskan Komentar