Data dan Spesifikasi Lengkap Serial Port

Serial Port atau biasa disebut sebagai port serial adalah merupakan sebuah port pada komputer atau perangkat elektronik lainnya yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. 

Dalam serial port, pengiriman suatu informasi tidak dimungkinkan untuk dilakukan secara massal sekaligus. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data biasanya serial port bekerja seri port to port, misalnya COM 1 dan COM 2. 

Ada beberapa macam serial port yang sering kita jumpai seperti serial port RS232 yang biasanya memiliki 9 pin dan 25 pin. RS232 ini juga kadang dikenal dengan istilah serial port DE  9 yang memiliki 9 pin dan DB 25 yang memiliki 25 pin. Serial port ini biasa kita jumpai pada komputer-komputer yang masih menempatkan komponen ini pada mainboardnya dan beberapa printer jadul. 

Selain itu kita juga sering menjumpai serial port lainnya dengan model DEC MMJ yang biasa ada pada mouse atau keyboard komputer dahulu, sekarangpun sebenarnya masih ada namun penggunaan serial port  ini sudah mulai jarang dan berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. 
Serial Port
Adapun beberapa fungsi dari serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) komputer lain dengan motherboard, menghubungkan mouse dengan motherboard, mengubungkan modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.

Berikut ini penampakan dan data lengkap serial port (Pin-Out) yang sampai sekarang masih ada dan digunakan :

RS232 Serial

(*) Pinout is at DTE (computer) side


Null Modem Pin Mapping

Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Data dan Spesifikasi Lengkap Serial Port "

Poskan Komentar