Data dan Spesifikasi Lengkap Parallel Port

Nah setelah kemaren saya posting tentang data dan spesifikasi lengkap dari serial port, maka hari ini saya akan melengkapi postingan ini dengan memposting data dan spesifikasi dari parallel port. 

Parallel port atau biasa disebut port paralel adalah merupakan sebuah port pada personal komputer yang berfungsi sebagai alat komunikasi dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Biasanya port paralel ini melekat pada mainboard sebuah personal komputer.

Port paralel ini sering juga disebut sebagai porta pencetak. Port paralel ini memiliki kelebih dibanding dengan port serial. Pada port ini pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak dari pada port serial

Pada awalnya port paralel ini diperkenalkan oleh sebuah perusahaan yang disebut sebagai Centronic, sehingga port ini juga disebut dengan port Centronic. Port ini ada dua macam ada yang 25 PIN dan ada yang 36 PIN.
Contoh Port Paralel Pada Komputer Jinjing (wikipedia)
 Pada sisi pemprograman port ini dikenal luas karena kemudahan dan kesederhanaannya sehingga port ini sering digunakan untuk percobaan-percobaan sederhana dalam laboratorium perancangan peralatan elektronika.

Adapun fungsi dari port paralel ini adalah sebagai penghubung antara motherboard dengan Printer jenis jadul, Zip drive, beberapa pemindai (scaner), sound card, kamera web, gamepad, pemrogram EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, dll.

Berikut ini saja tampilkan data dan spesifikasi dari parallel port :
 


 


Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Data dan Spesifikasi Lengkap Parallel Port "

Poskan Komentar