Cara Membuat Rangkuman Otomatis di Microsoft Word

Anda mungkin sudah pernah mendengar informasi ini, bahwa pada Microsoft word terdapat tools yang bisa secara otomatis membuat rangkuman dari sebuah tulisan atau artikel. Tools ini disebut Auto Summary Tolls. Tapi sayangnya tools ini hanya ada pada Microsoft word tahun 2007 dan untuk Microsoft word yang terbaru tools ini sudah dihilangkan oleh pihak Microsoft.

Tools ini untuk sebagian orang mungkin sangat berguna karena mampu memberikan solusi perangkuman (ringkasan) yang mudah dan cepat. Sehingga efisiensi waktu dan penghematan biaya bisa diwujudkan. Karena bukan hal yang mudah untuk membuat sebuah rangkuman (ringkasan) dokumen terutama bila anda belum terbiasa membuatnya. Terkadang semua informasi pada dokumen kelihatan penting, hingga membuat bingung bagian mana yang harus dimasukkan pada ringkasan.

Tool yang dinamakan AutoSummary ini dapat meng-highlight dan menyusun poin-poin penting dari dokumen. AutoSummary akan menganalisis dokumen dan kemudian memberikan skor untuk setiap kalimat. Kita dapat menentukan jumlah detail yang kita inginkan, misalnya ringkasan 10 kalimat atau 20 kalimat, dan AutoSummary akan menggunakan sistem penilaian untuk mengekstrak poin-poin penting dan menyusunnya secara otomatis. Setelah AutoSummary selesai, kita dapat mengedit hasil ringkasan sesuai dengan yang diinginkan.


1. Tambahkan AutoSummary Tools ke Quick Access Toolbar caranya dengan klik 'word option'  pada office button : 



2. Pilih 'Customize' > 'Commands Not in the Ribbon' > Scroll ke bawah cari 'Auto Summary Tools' > Klik 'Add' > maka pada kotak dialog sebelah kanan anda (lihat gambar nomor 6) akan tertera 'Auto Summary Tools' setelah itu tekan 'OK'.



3. Nah anda sudah berhasil menambahkan tools 'Auto Summary Tools' anda pada Quick Access Toolbar anda (lihat gambar no.8). Sebelum anda mulai merangkum (penting!) anda terlebih dahulu harus men-set bahasa pada teks tulisan anda dengan bahasa Inggris. Caranya blok seluruh tulisan anda dengan menekan CTRL 'A' > Klik Tab 'Review' dan pilih 'Set Language' (lihat gambar no.9) > Terus pilih 'English Language' (lihat gambar no.10) dan selanjutnya tekan 'OK'. 




4. Nah sekarang anda tinggal men-set mode perangkuman sesuai keinginan anda. Caranya klik AutoSummary Tools pada Quick Access Toolbar > Pilih 'Auto Summarize (lihat gambar no.13)



5. Setelah itu akan muncul kota dialog seperti pada gambar, silahkan pilih sesuai kebutuhan anda dan tekan 'OK'. 



6. Anda sudah bisa membuat rangkuman/ringkasan yang menarik tanpa perlu bersusah-susah, anda tinggal mengedit beberapa kalimat yang pas menurut keinginan anda. Demikian semoga bermanfaat. [www.blogteknisi.com]


Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Rangkuman Otomatis di Microsoft Word"

Poskan Komentar