Apa Itu Kapasitor

Kapasitor atau juga disebut kondensator adalah suatu komponen yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Satuan dari kapasitor disebut dengan Farad diambil dari nama penemunya Michael Faraday.

Kapasitor biasanya terdiri dari dua kaki dan dua kutub yakni kutub postif dan kutub negatif serta memiliki cairan elektrolit di dalam tabungnya. Tapi ada juga yang tidak berbentuk tabung seperti kapasitor variabel dan kapasitor tetap.

Berdasarkan kegunaannya kapasitor dibagi atas tiga jenis yang pertama disebut kapasitor tetap jenisnya terdiri atas kapasitor keramik, kapasitor polyester dan kapasitor kertas, yang kedua disebut kapasitor elektrolit dan yang ketiga disebut kapasitor variabel yang jenisnya terdiri dari yang variabel dan yang trimer. 


Salah Satu Contoh Kapasitor Elektrolit
Adapun aplikasi dari pemanfaatan kapasitor ini tergantung pada kasus-kasus tertentu. Beberapa diantaranya adalah bahwa kapasitor bisa berfungsi sebagai kopling diantara satu rangkaian tertentu dengan rangkaian lainnya pada power supply. Kedua, sebagai filter didalam rangkaian power supply. Ketiga, dalam rangkaian antena berfungsi sebagai pembangkit gelombang. Keempat, pada rangkaian yg ada terdapat kumparan dan terjadi pemutusan arus maka akan terjadi loncatan listrik, kapasitor inilah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya loncatan listrik ini. Dan yang terakhir pada pesawat penerima radio fungsinya untuk pemilih panjang frekuensi/gelombang yang akan ditangkap.



Macam-Macam Kapasitor



Adapun karakteristik pada kapasitor bisa dilihat pada tabel berikut :

 Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Kapasitor"

Poskan Komentar