Apa Itu Resistor

Untuk postingan kali ini kita akan mengenal beberapa komponen elektronika yang biasa dipakai oleh teknisi dalam perbaikan sebuah perangkat elektronika. Untuk bahasan pertama ini kita akan mengulas tentang resistor


Resistor digunakan sebagai bagian dari rangkaian elektronika dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macan komponen dan film, bahkan kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium.


Adapun pengertian dari resistor itu sendiri adalah komponen elektronika dua kutub yang didesain untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik, dengan resistansi tertentu (tahanan) dapat memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm:


Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, noise, dan induktansi.


Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan papan sirkuit cetak (PCB), bahkan sirkuit terpadu. Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar.


Identifikasi Nilai Resistor Melalui Pita Warna

Sebuah resistor memiliki pita warna pada badannya. Untuk mengidentifikasinya berapa nilainya bisa melalui pita warna-warna tersebut. Berikut tabel pita warnanya :

Pita Warna Resistor
Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter blogteknisi.com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Apa Itu Resistor"

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Apa itu Resistor " .
    Saya juga mempunyai artikel yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Pusat Studi Elektronika by Universitas Gunadarma

    BalasHapus