Cara Mengganti Capasitor/Kapasitor Pompa Air yang Rusak

Belum lama ini pompa air di rumah saya bermasalah. Saya mencoba untuk mecari tahu apa masalahnya. Setelah diamati, ternyata yang bermasalah adalah capasitor/kapasitornya. Capasitor/kapasitor pompa air saya 'terbakar'. Setelah mengecek secara menyeluruh kondisi pompa airnya, alhamdulillah bisa dipastikan hanya capasitor/kapasitornya yang bermasalah. Saya kemudian bergegas ke toko elektronik mencari capasitor/kapasitor yang mirip dengan pompa air saya. Kebetulan pompa air dirumah saya itu adalah pompa air kecil yang umum dipakai di rumah-rumah yang berskala kecil sehingga untuk mencari jenis capasitor/kapasitornya tidak begitu susah.

Oh yah jadi untuk mengganti capasitor/kapasitor mesin apapun itu mesti harus diperhatikan spesifikasi capasitor/kapasitor lama, agar fungsi dan kerja mesin bisa optimal. Hal yang harus diperhatikan dalam mengganti kapasitor apapun itu adalah nilai capasitor/kapasitornya. Misal, pompa air saya memiliki nilai capasitor/kapasitor 8 uF maka kita harus mencari capasitor/kapasitor yang senilai dengan ini atau sedikit lebih tinggi misal capasitor/kapasitor yang memiliki nilai 8.5 uF itu tidak masalah. Selain nilai capasitor/kapasitor penting juga kita perhatikan jenis tegangan dan nilai tegangan listriknya.

Berikut ini kondisi  capasitor/kapasitor pompa air saya yang 'terbakar' :


Saya kemudian menggantinya dengan capasitor/kapasitor yang mirip dengan spesifikasi capasitor/kapasitor pompa air saya, berikut gambar penampakannya :


Bagaimana cara mengganti capasitor/kapasitor pompa air ?, berikut ini caranya (menyesuaikan kondisi masing-masing pompa air) :

1. Buka penutut box tempat dimana letak capasitor/kapasitor berada dengan obeng, lalu copot capasitor/kapasitor yang rusak tadi.

 

2. Pasang capasitor/kapasitor baru yang spesifikasinya mirip atau sesuai dengan capasitor/kapasitor lama. Hubungkan kembali kabel dari mesin pompa ke capasitor/kapasitor. Karena capasitor/kapasitor tidak terdapat polaritas sehingga anda tak perlu khawatir jika memasangnya bolak-balik. Jangan lupa kembali menutup box tempat dimana capasitor/kapasitor  berada. 


3. Alhamdulillah pompa air saya kembali bekerja seperti semula. 
  
Kunjungi Juga Halaman Facebook dan Twitter Kami

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengganti Capasitor/Kapasitor Pompa Air yang Rusak"

Poskan Komentar